• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


5 Menu Sarapan Sehat untuk Anda yang Bisa Langsung Dicoba

Kamis, 04 Juli 2019 | 06:39 WIB
Telur orak arik
Loading...

Sarapan adalah salah satu aktivitas penting di pagi hari yang tidak boleh dilewatkan. Dengan menu yang tepat dan sehat, kebiasaan sarapan bisa bantu kamu dan keluarga jalani aktivitas sehari-hari.

Jika tidak sarapan, kamu bisa lebih cepat lemas dan bahkan tidak bisa berkonsentrasi dengan baik. Oleh sebab itu, ada baiknya dalam seminggu mulai menyiapkan jadwal menu sarapan yang bergizi dan mudah dibuat. 

Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini beberapa rekomendasi menu sarapan sehat yang bakal membuat tubuh selalu penuh energi sepanjang hari.

1. Telur orak-arik dengan sayur

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik untuk tubuh dan energi selama sehari penuh. Telur pun sudah memiliki citarasa gurih alami yang cocok dijadikan menu sarapan keluarga.

Salah satu menu sarapan dari telur yang populer adalah telur orak-arik. Untuk membuatnya, kamu tinggal memasak telur yang diaduk-aduk di wajan yang sudah diolesi margarin. Kemudian tambahkan sedikit garam dan lada.

Untuk menambah asupan gizi, kamu bisa menambahkan sayuran ke dalam adonan telur seperti tomat dan bayam. Potong-potong sayur kemudian campur saat telur diaduk di wajan sampai sedikit berubah warna. 

2. Granola dan yoghurt 

Granola merupakan asupan yang juga cocok dijadikan menu sarapan. Bahan makanan ini terdiri dari oat, kacang-kacangan, dan buah kering. Granola diketahui juga kaya akan lemak sehat dan serat yang tinggi.

Kandungan serat yang tinggi dalam granola juga baik untuk kesehatan pencernaan, membantu mengontrol gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. Sarapan dengan granola juga membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

3. Alpukat dan roti

Roti dan alpukat juga bisa menjadi kombinasi menu sarapan yang baik untuk keluarga, terutama untuk anggota keluarga yang padat aktivitas. Penelitian menyebutkan bahwa sarapan rutin dengan alpukat dapat membantu menyehatkan jantung dan bahkan mengurangi risiko terserang stroke.

Kerok alpukat secukupnya dan oleskan di atas roti panggang. Setelah itu, berikan sedikit minyak zaitun dan garam. Jika suka, kamu juga bisa menambahkan sedikit telur dadar di atas alpukat dan roti. Tambahan roti bisa menambahkan asupan gizi untuk menu sarapan sehari-hari kamu dan keluarga.

4. Smoothie pisang dan alpukat

Smoothie adalah salah satu menu simpel untuk sarapan yang padat gizi dan juga mudah dibuat. Kamu bisa mencampurkan berbagai jenis buah-buahan untuk dijadikan smoothie yang lezat.

Salah satunya adalah kombinasi antara pisang dan selai kacang, untuk menambah rasa kamu bisa menambahkan sedikit kayu manis bubuk.

Kamu juga bisa membuat smoothie dari alpukat dan pisang. Campurkan alpukat, yoghurt, susu, pisang, bayam dan sedikit vanili. Smoothie enak dan bergizi pun siap dikonsumsi untuk jadi menu sarapan sehat kamu. 

5. Olahan tahu dan sayur

Selain telur, tahu juga menjadi salah satu menu sarapan tinggi kandungan protein. Rasanya juga gurih dan punya tekstur yang renyah seperti telur.

Tumis sedikit bawang bombay dan paprika hijau, tambahkan tahu dan orak-arik sampai tercampur rata. Tambahkan sedikit garam dan lada. Kamu juga bisa menambahkan jamur agar rasanya lebih enak dan gurih. Olahan tahu ini bisa dikonsumsi langsung, bisa juga dikonsumsi bersama dengan roti panggang atau telur.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com