• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tim Surveior Akreditasi KARS Baru Lihat Kelengkapan Dokumen RSUD Sejiran Setason

Selasa, 02 Juli 2019 | 16:47 WIB
dr. Tumpal Simatupang, S.SP.OG ( kanan tengah) dan dr. Yudi Wijaya ( kiri tengah ) (Ira/Klikbabel.com)
Loading...
Klikbabel.com, Muntok - Tim Surveior Akreditasi KARS ( Komisi Akreditasi Rumah Sakit ) telah melakukan penilaian terhadap Rumah Sakit Umum Daerah Sejiran Setason, Kabupaten Bangka Barat. 
 
Salah satu tim survei akreditasi, dr. Tumpal Simatupang, S.SP.OG saat ditemui klikbabel.com mengatakan di hari kedua, pihaknya baru melihat kelengkapan dokumen dasar dari RSUD Sejiran Setason. 
 
"Hari kedua kami baru melihat kelengkapan dokumen dasar mereka untuk melakukan asuhan layanan ke masyarakat yang sesuai dengan standard sesuai dengan perkembangan peraturan perundangan yang terbaru, kami melihat itu dan melakukan penyesuaian apabila belum disesuaikan di kasih tahu," kata dr.Tumpa, Selasa (02/07/2019).
 
Menurut dr. Tumpal, pada umumnya semua dokumen RSUD Sejiran Setason sudah ada atau lengkap. Hanya saja pihaknya masih harus menyesuaikan dengan standard SNARS edisi 1.
 
"Semua ada pada mereka karena mereka sudah belajar jadi kami tinggal menyesuaikan saja, menyelaraskan saja dengan standard yang dimaksud dan tujuan yang dimaksudkan dengan standard SNARS itu ada yang belum sepenuhnya sama, jadi kami penuhi kami lengkapi dengan peraturan yang terbaru, peraturan Menteri Kesehatan teknis tentang pelayanan kesehatan di rumah sakit," jelasnya.
 
Tumpal menerangkan apabila ada kekurangan yang mereka temui di RSUD Sejiran Setason, maka kekurangan tersebut masih bisa di toleransi.
 
"Masih bisa, mereka sudah bisa mungkin nanti selanjutnya hanya untuk konsistensi. Mereka harus konsisten melaksanakan standard itu supaya tentunya pelayanan rumah sakit ini bermutu standard dan untuk keselamatan pasien di sekitar sini di kabupaten," ungkapnya.
 
Dirinya melanjutkan bahwa RSUD Sejiran Setason sudah melakukan apa yang ada di dalam 15 bab untuk mencapai standard akreditasi dalam KARS. Akan tetapi, pihaknya masih belum bisa menyimpulkan nilai yang akan diberikan karena baru melihat dokumen aturan regulasi.
 
"Kami baru melihat dokumen aturan regulasinya baru setingkat itu jadi untuk nilainya belum artinya kalau di standard itu nilainya minimal 80, baru itu lulus 1 bagian atau 1 bab, jadi kalau dibawah 80 itu tidak lulus," lanjutnya.
 
Tumpal menambahkan bahwa untuk hasil penilaian akreditasi akan keluar dalam waktu dua minggu. Namun dirinya bertekad bahwa sebelum tanggal 19 juli 2019, hasil lulus atau tidaknya akreditasi akan keluar dalam waktu satu minggu.
 
"Hasil nanti begitu selesai kami akan laporkan ke Komisi Akreditasi Rumah Sakit, biasanya kalau normalnya dulu dua minggu tapi mungkin karena situasi terkini ini bisa dicepatin seminggu. Ada juga yang cepat jadi belakangan ini cepat koq tergantung nanti mereka pantau terus, cepat koq hasilnya," pungkasnya.
Loading...


Penulis  : Ira
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com