• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pencairan DAK di Rekening Sekolah Tak Bisa Sekaligus

Selasa, 02 Juli 2019 | 13:54 WIB
Kepala Dindik Bateng Iskandar. Foto ; Roni/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Koba - Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah Iskandar mengatakan, saat ini kegiatan rehab dan pembangunan menggunakan DAK di sekolah- sekolah sudah berjalan.

"DAK dicairkan dari rekening pemerintah pusat ke rekening daerah. Kemudian rekening daerah kembali mencairkan ke rekening sekolah masing-masing," katanya, Selasa (1/7/2019).

Pencairan DAK dari rekening sekolah tidak bisa cair sekaligus. Pihak sekolah mencairkannya per termin. Ada tiga termin, setiap terminnya pihak sekolah melalui panitia pembangunan atau lembaga yang dibentuk mengajukan pencairan sesuai dengan kegiatan yang sudah dilakukan.

"Pencairan DAK di termin satu sudah cair, sekarang termin ke dua masih dalam proses," katanya.

Menurut dia, peranan Dindik Bateng pada kegiatan DAK ini yakni melakukan pendampingan dan pengawasan. Jika dalam laporan per termin tidak sesuai RAB, maka tidak akan mendapat rekomendasi pencairan.

"Jika tidak sesuai RAB, kita minta perbaiki sesuai RAB dulu baru kita rekomendasikan untuk pencairan. Kita tidak mau juga DAK ini bermasalah dengan hukum," ungkapnya.

Sejauh ini, kata Iskandar pihaknya belum mendapat laporan ada sekolah yang menggunakan DAK asal-asalan. "Selama ini belum dapat laporan. Semua berjalan sesuai RAB. Kendati demikian, kami akan terus pantau, awasi dan membina sehingga DAK berjalan tepat guna dan tepat sasaran sesuai harapan bersama," tukasnya.

Iskandar juga mengajak seluruh pihak untuk melakukan pengawasan bersama. Jika terdapat kekeliruan di lapangan silakan dilaporkan ke sekolah masing-masing.

"Lapor ke kami juga boleh. Nanti kami melakukan pembinaan ke sekolah tersebut. Kita kawal DAK ini sesuai harapan bersama," pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Roni
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com