• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemda Basel Terus Tingkatkan SDM di Bidang Kearsipan

Selasa, 02 Juli 2019 | 17:52 WIB
Bimtek kearsipan Pemkab Basel. Foto : ist
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Kabid Pembinaan Pengelolaan dan Pengawasan Kearsipan Dinas Kearsipan dan Perputakaan (DKP) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Yuliana Tarmizi menuturkan, pemerintah daerah saat ini terus berupaya meningkatkan kompetensi petugas pengelola arsip di bidang kearsipan.

"Sebagai lembaga kearsipan daerah, kami memiliki tugas maupun fungsi untuk melakukan pembinaan kearsipan dan pelestarian serta pemanfaatan arsip. Makanya kami harus berperan nyata mengisi pembangunan nasional, terutama di bidang kearsipan," ujarnya, Selasa (2/7).

Wujud nyata dari pembinaan yang dilakukan salah satunya dengan melakukan pembinaan SDM di bidang kearsipan. Yuliana mengaku, dinasnya telah melaksanakan bimtek kearsipan yang diikuti oleh 84 orang pengelola arsip dari OPD, kecamatan dan kelurahan.

"Itu juga diikuti oleh desa-desa. Beberapa waktu lalu kami telah melaksanakan bimtek selama dua hari. Bimtek yang dilaksanakan bertujuan untuk memberiman pengetahuan dasar tentang kearsipan, sehinga para peserta mampu memahami konsep dan pengetahuan," paparnya.

Konsep dan pengetahuan tersebut, kata dia tentang strategi pengelolaan arsip menggunakan sistem aplikasi arsip dinamis. Diharapkan, dengan pelatihan yang diberikan dapat memberikan pemahaman kepada peserta mengenai strategi pengelolaan arsip untuk kepentingan pekerjaan di masing masing instansi.

"Materi bimtek yang diberikan terhadap peserta meliputi kebijakan kearsipan nasional, instalasi aplikasi simardi versi 6.0 dan tata naskah dinas dan pemberkasan arsip serta sistem pengelolaan kearsipan dinamis berbasis teknologi informatika dengan aplikasi offline," terangnya.

Adapun metode bimtek yang digunakan dalam kegiatan tersebut adalah perpaduan antara metode pembelajaran andragogi yaitu motede pembelajaran klasikal, metode pembelajaran kontemporer yang meliputi ceramah, diskusi, demonstrasi, simulasi dan studi kasus serta latihan.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com