• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ada Ketimpangan Antara Penguasaan Tanah, Konflik Agraria, Pengolaan SDA dan Kerusakan Lingkungan

Selasa, 02 Juli 2019 | 14:02 WIB
Rakor Reforma Agraria Pemkab Basel. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Pemerintah melaksanakan kegiatan reforma agraria yang diharapkan dapat mengatasi berbagai masalah pertanahan. Karena masih terdapat ketimpangan yang tinggi terhadap penguasaan tanah, konflik agraria dan pengelolaan SDA serta kerusakan lingkungan.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Bupati Basel Justiar Noer saat memberikan sambutan dalam kegiatan Rakor Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA), Selasa (2/7) di ruang rapat Bappeda Basel.

"Reforma agraria merupakan program prioritas pemerintah. Oleh karena itu diperlukan keterlibatan seluruh sumber daya secara optimal. Dalam rangka mendukung tercapainya tujuan reforma agraria, yaitu terselenggaranya aset reform disertai dengan akses reform," ujarnya.

Mengingat pentingnya kegiatan reforma agraria yang dilakukan di Basel tahun 2019, Justiar mengatakan maka dipandang perlu untuk melakukan koordinasi antar sektor. Adapun tujuan digelarnya rakor ini ialah untuk melakukan pembahasan masalah evaluasi penyelenggaraan reforma agraria.

"Masalah evaluasi penyelenggaraan reforma agraria tahun 2018 dan rencana aksi tahun 2019. Selanjutnya ialah mewujudkan perjanjian kerjasama antara pemkab dengan kantor pertanahan dalam rangka percepatan program sertifikasi aset," ungkap dia.

Sertifikasi aset pemkab berupa tanah, penanganan masalah pertanahan, penyempurnaan sistem pelayanan pajak BPHTB, pengaplikasian informasi zona nilai tanah dan dukungan program strategis nasional di bidang pertanahan (legalisasi asset). Sedangkan tujuan lainnya pelaksanaan pengendalian tanah dan ruang.

"Untuk mewujudkan ruang yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan. Kegiatan gugus tugas regorma agraria di Basel tahun 2019 ini diharapkan mempunyai dampak yang signifikan bagi kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat," jelas Justiar Noer.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com