• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


16 Qori dan Qoriah Babel Ikuti STQ Nasional

Selasa, 02 Juli 2019 | 08:12 WIB
Menteri Agama Lukman Hakim.
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mengirimkan sebanyak 40 delegasi dalam ajang kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Nasional ke-25 di Kota Pontianak Kalimantan Barat (Kalbar).

Ke 40 utusan tersebut terdiri dari 16 Qori’ – Qori’ah, 10 official dan 14 pelatih, dengan  Pimpinan Kafilah H. Sofyan dari Biro Kesra Setda Pemprov Babel.

Seleksi Tilawatil Qur’an Nasional ke-25 resmi dibuka Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin pada Sabtu (29/6/2019), malam, di Halaman Taman Alun-alun Kapuas Jalan Rahadi Oesman, Pontianak.

Pembukaan di awali dengan pemukulan bedung oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, bersama Gubernur Kalbar, Sutarmidji, Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, Wali Kota Pontianak, dan Edi Rusdi Kamtono.

Sebelum dibuka, tampil parade dari 34 kafilah yang mewakili masing-masing Provinsi se-Indonesia. Dalam Parade Kafilah itu, Babel memakai baju jas coklat dengan mengenakan baju dalam kemeja batik warna merah, dan mendapatkan nomor urut 8.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutannya berharap momentum STQ ini menjadi stimulan bagi umat, agar mengamalkan kanungan kitab suci sebagai penuntun umat dalam kehidupan pribadi maupun sosial, sekaligus menjadi penuntun untuk memperkokoh persatuan bangsa, memperkuat daya rekat kerukunan hidup beragama.

“Kita berharap STQ ini menjadi stimulan bagi umat, agar mengamalkan kadungan kitab suci sebagai penuntun umat dalam kehidupan pribadi maupun sosial sekaligus menjadi penuntun untuk memperkokoh persatuan bangsa, memperkuat daya rekat  kerukunan hidup beragama. Oleh sebab itu, STQ kali ini mengusung tema “Implemetasi  nilai-nilai universal  Al-Qur’an untuk berkehidupan berbangsa dan bernegara yang religius, rukun dan damai,” tuturnya.

Lukman Hakim Saifuddin juga menginginkan kegiatan STQ Nasional terus ditingkatkan, kerena dampaknya sangat postif sekali bagi kehidupan umat bangsa dan negara.

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : babelprov.go.id