• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


KARS Lakukan Penilaian Akreditasi di RSUD Sejiran Setason

Senin, 01 Juli 2019 | 18:13 WIB
Direktur RSUD Sejiran Setason, dr. Yudi Wijaya (Ira/Klikbabel.com)
Loading...
Klikbabel.com, Muntok - Komisi Akreditasi  Rumah Sakit (KARS) melakukan penilaian terhadap Rumah Sakit Umum Daerah Sejiran Setason. Akreditasi menggunakan Standard Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi I. 
 
Penilaian akreditasi ini akan dilakukan selama 4 hari kedepan yaitu 01 - 04 juli 2019. Tim survey KARS yang melakukan penilaian terdiri dari 3 orang, diantaranya Dr. Tumpal, S.Sp.OG, Dr. Adhy N. Mars, dan Rasdiana Zega, S.Kep, M.Kep.
 
Direktur RSUD Sejiran Setason, Dr. Yudi Wijaya saat ditemui Klikbabel.com mengatakan keseluruhan yang ada di rumah sakit akan dinilai oleh KARS, mulai dari dokumen hingga kesiapan sarana dan prasarana.
 
"Sekarang kita sedang di nilai, mulai tadi pagi sampai Kamis nanti. Yang dinilai semuanya, dari mulai dokumen, SOP, telusur ke ruangan, kesiapan sarana prasarana, telusur kebiasaan dari pegawai rumah sakit, dari mulai cuci tangan sampai bagaimana merawat pasien," kata Yudi, Senin ( 01/07/2019 ).
 
Setelah dilakukan penilaian, lebih lanjut kata Yudi pihaknya akan menunggu hasilnya selama kurun waktu dua minggu.
 
"Kita tinggal tunggu hasil penilaian sekitar dua minggu untuk keluar hasilnya. Mudah - mudahan bisa lebih cepat lagi, kita kejar," katanya.
 
Yudi berharap agar hasil penilaian akreditasi tersebut akan keluar sebelum masa akreditasi habis. Karena kalau tidak maka otomatis kerjasama BPJS dengan RSUD Sejiran Setason akan berakhir secara otomatis. 
 
"Hasilnya ya harus sebelum tanggal 19 Juli, kalau setelah itu ya kita stop dulu, karena BPJS kan otomatis tuh by system, kalau akreditasi habis dia otomatis stop," jelas Yudi.
 
Apabila hal tersebut sampai terjadi, Yudi akan meminta bantuan ke pemilik rumah sakit yaitu Pemerintahan Kabupaten Bangka Barat agar bisa meneruskan kerjasama ke BPJS. 
 
"Kemungkinan terburuk, terpaksa kita nanti minta bantuan pemilik rumah sakit, dalam hal ini Pemda, paling kita nanti bersurat ke BPJS minta agar tetap kerjasama," ungkapnya.
 
Namun, Yudi tetap optimis bahwa RSUD Sejiran Setason akan lulus akreditasi agar kerjasama dengan pihak BPJS kesehatan tetap berlanjut.
 
"Optimis dong, artinya kalau kita sudah berani di survey, Insya Allah kita sudah siap. Karena mereka juga nggak akan turun ke lapangan kalau mereka tidak lihat dokumen kita. Karena sebelum mereka turun kita upload dulu dokumennya ada aplikasinya, namanya Sismadak, semua regulasi, SOP yang berhubungan dengan elemen penilaian, jadi dari 15 Pokja itu masing - masing punya elemen penilaian," pungkasnya.
 
Yudi menambahkan apabila RSUD Sejiran Setason tidak lulus akreditasi maka pihaknya tidak perlu menunggu selama tiga tahun untuk dilakukan penilaian ulang.
 
"Kalau tidak lulus, jadi nanti ada remedial misalkan kita tidak lulus nanti kita dikasih waktu satu sampai tiga bulan untuk berbenah lagi, nanti mereka datang lagi kesini, ngecek, kalau sudah cocok mereka keluarkan suratnya. Tapi Insya Allah saya optimis lulus," tambahnya
Loading...


Penulis  : Ira
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com