• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ibnu Saleh Cetak Pengemudi Bus Pariwisata Profesional dan Handal

Senin, 01 Juli 2019 | 19:42 WIB
Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Bateng, Fani Hendra Saputra (Ira/Klikbabel.com)
Loading...
Klikbabel.com, Koba - Serius kembangkan Pariwisata di Bangka Tengah (Bateng), Bupati Bateng, H Ibnu Saleh siapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dan handal sebagai Sopir Bus Pariwisata.
 
"Ada 5 orang yang akan di kirim ke Bali, mereka akan mengikuti pelatihan sebagai sopir bus pariwisata," kata Ibnu Saleh kepada klikbabel.com, Senin (1/7).
 
Pihak yang dilibatkan mencetak SDM yang handal dan profesional tersebut yakni Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Bali.
 
"Selama di Bali nanti, semua keperluan transportasi, penginapan hingga pelatihan di tanggung oleh BPPTD Bali dan Pemkab Bateng," katanya.
 
Ibnu Saleh berharap lima orang pemegang Sertifikat Pelatihan Dasar Mengemudi Bus Pariwisata ini bermanfaat untuk Bateng, terutama di bidang Perhubungan dan Kepariwisataan. Mereka di cetak untuk siap bekerja, kemudian menjadi Guru bagi rekan-rekan sesama pengemudi.
 
"Kita harapkan ilmu yang didapat mereka bisa di bagikan ke Pengemudi lainnya," katanya.
 
Ditambahkan Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Bateng, Fani hendra saputra mengatakan pihaknya telah menjaring lima orang yang akan mengikuti pelatihan mengemudi Bus Pariwisata di Bali.
 
"Lima orang ini sudah kami seleksi. Kelimanya telah lulus verivikasi yang kami lakukan. Mereka memiliki syarat lengkap sesuai kebutuhan dan kreteria, yakni miliki SIM B1, Ijazah SMA dan KTP Bateng, sudah layak mengikuti pelatihan," katanya.
 
Lanjut Fani, mereka disiapkan khusus untuk mengemudi Bus Pariwisata. Sebab, dalam mengemudi Bus Pariwisata harus memiliki keterampilan khusus. Karena Bus Pariwisata hanya menurunkan penumpang di titik-titik yang menjadi trayek tujuan wisata.
 
"Kemudian kecepatan juga diatur sedemikian rupa sehingga wisatawan merasa nyaman. Hal-hal inilah yang harus di kuasai pengemudi," katanya.
 
Terkait jadwal berangkat untuk melaksanakan Pelatihan mengemudi di Bali. Kata Fani rencananya akhir bulan juli 2019.
 
"Pelatihannya di akhir bulan juli 2019. Kita siapkan mereka untuk mengemudikan Bus Pariwisata. Kami akan sarankan mereka untuk menjadi sopir Damri dengan trayek Pangkalpinang ke Koba melintasi 7 titik objek wisata di Bateng," pungkasnya.
Loading...


Penulis  : Roni
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com