• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemprov Targetkan 2020 Babel Miliki Rumah Kemasan

Kamis, 27 Juni 2019 | 17:05 WIB
Loading...
Klikbabel.com, Pangkalpinang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menargetkan pada tahun 2020 Babel sudah memiliki Rumah Kemasan guna meningkatkan kualitas kemasan sehingga produk UMKM Babel memiliki daya saing yang tinggi. 
 
"Paling lama September 2020 ini Babel sudah miliki Rumah Kemasan. Kita harus memperbaiki kualitas kemasan produk UMKM untuk meningkatkan daya saing produk. Jika UMKM berkembang baik maka secara otomatis pertumbuhan ekonomi daerah juga bagus," katanya kepada Klik Babel, Kamis (27/6/2019).
 
Erzaldi menjelaskan,  Rumah Kemasan akan melayani konsultasi para pelaku UMKM terkait berbagai hal dan akan memfasilitasi perbaikan desain kemasan serta akan memberikan informasi mengenai metode, teknologi dan bahan kemasan yang tepat dan sesuai dengan produk.
 
Ia menambahkan, selain itu melalui Rumah Kemasan pelaku usaha juga akan dimediasikan ke lembaga atau intansi terkait dengan pengemasan seperti pengurusan untuk mendaftar merk, barcode, halal, P-IRT/MD, perusahaan percetakan dan sebagainya.
 
"Rumah Kemasan juga memberikan jasa pengemasan produk dengan memanfaatkan mesin kemasan yang ada dalam lingkungan rumah kemasan serta memberikan pelayanan akses ke lembaga-lembaga terkait dengan pengemasan," jelasnya.
 
Ia mengimbau Rumah Kemasan nantinya dapat betul-betul dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk sehingga menarik minat pembeli.
 
"Jika produk dikemas secara baik dan menarik akan meningkatkan daya beli. Contohnya produk makanan, meskipun pembeli belum merasakan rasa produk tapi jika kemasannya menarik maka pembeli akan tertarik untuk membeli," ucapnya.
 
Nantinya di Rumah Kemasan akan ada mesin desain dengan teknologi yang canggih dan pelaku usaha juga bisa berkonsultasi melalui forum dan diskusi terakait  packaging. "Biaya pengemasan produk di Rumah Kemasan tentunya sangat murah karena itu milik pemerintah," tuturnya.
 
Ia juga berharap melalui Rumah Kemasan pemasaran produk lokal UMKM akan semakin luas tidak hanya di Indonesia tapi juga hingga luar negeri. "Target awal kita produk UMKM Babel bisa menembus luas pasar Pulau Jawa dan Sumatera. Setelah itu target kita meluas lagi hingga mancanegara," ujarnya.
 
Loading...


Penulis  : Septi. A
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com