• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Memangku Laptop dan Berendam di Air Panas Ternyata Berbahaya Bagi Pria

Kamis, 27 Juni 2019 | 05:50 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Panas dalam tingkat yang tinggi dapat merusak testis dan menurunkan kualitas sperma. Misalnya jika berendam di bak air panas atau memangku laptop dalam waktu cukup lama, tanpa bergerak sama sekali.

Dalam studi yang dipimpin oleh ahli urologi University of California, San Francisco, pada Februari 2007 menunjukkan, paparan mandi air panas dapat menyebabkan infertilitas pria, tetapi efeknya kadang-kadang dapat dibalikkan.

"Telah dipercaya selama beberapa dekade bahwa paparan air panas buruk bagi kesuburan, tetapi efek ini jarang didokumentasikan," kata Paul J. Turek, MD, profesor di Departemen UCSF Urologi dan direktur Pusat Kesehatan Reproduksi Pria UCSF yang memimpin penelitian ini.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 1965, 20 pria terkena panas basah skrotik langsung selama 30 menit pada enam hari bergantian, menurut Universitas California San Francisco.

Temuan menunjukkan penurunan sementara dalam produksi sperma selama perawatan, tetapi sayangnya tidak ada rincian kualitas sperma sebelum dan sesudah penelitian.

Sebuah penelitian Swiss yang tidak dipublikasikan pada tahun 1940-an juga mengaitkan panas basah dengan infertilitas pria sementara.

Selain itu, melansir FCI Online, menemukan panas yang dihasilkan dari memangku laptop dapat memengaruhi motilitas sperma dan menyebabkan kerusakan DNA.

Emisi ponsel juga dapat menyebabkan kerusakan sperma, jadi simpan telepon di saku belakang dan letakkan kipas di bawah laptop Anda.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com