• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Jelang Putusan MK, Ada Sinyal IHSG Bakal Koreksi

Kamis, 27 Juni 2019 | 08:54 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Bursa saham domestik masih rentan diperdagangan melemah pada perdagangan hari ini, bertepatan dengan pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi terkait sengketa Pemilihan Presiden 2019. Sebelumnya, pada perdagangan Rabu kemarin (26/6/2019), Indeks Harga Saham Gabungan terkoreksi 0,16% ke level 6.310,49 meski sejak awal perdagangan IHSG ditransaksikan menguat. Kinerja IHSG senada dengan mayoritas bursa saham utama kawasan Asia yang juga ditransaksikan di zona merah: indeks Nikkei turun 0,51%, indeks Shanghai turun 0,19%, dan indeks Straits Times turun 0,1%.

Klik Juga : Jangan Sebar Hoaks Putusan MK

Dalam riset hariannya, Pilarmas Investindo Sekuritas mencermati, sentimen perdagangan hari ini dari dalam negeri mengenai hasil keputusan Mahkamah Konstitusi merupakan sesuatu yang akan dinanti banyak pihak. "Diharapkan semua orang dapat menerima hasil tersebut dengan baik," tulis Pilarmas, Kamis (27/6/2019). Selain itu, katalis positif juga datang dari pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang menyebut pemerintah masih memiliki ruang fiskal untuk bertumbuh di tengah perang dagang yang memberikan dampak pada perlambatan ekspor saat ini.

Pemerintah berencana menggunakan instrumen fiskal dengan cara yang sangat fleksibel guna mendukung investasi di sektor swasta. Selain itu, Bendarahara Negara juga menyebut, Bank Indonesia memiliki banyak ruang untk bermanuver pada paruh kedua tahun ini. Beralih dari sana, sinyal kemajuan kesepakatan dagang bersumber dari pernyataan Menteri Keuangan Amerika Serikat, Steven Mnuchin yang menyebut, Amerika dan China hampir mencapai kesepakatan perdagangan. Mnuchin optimistis, kemajuan dapat dicapai selama pembicaraan pada pertemuan KTT G-20 di Osaka antara Trump dan XI Jinping.  "Kami sudah sekitar 90% menuju perjalanan ke sana dengan kesepakatan, dan saya pikir akan ada jalan untuk menyelesaikan ini," ungkap Mnuchin.

Pilarmas memproyeksikan, hari ini IHSG berpeluang bergerak melemah pada kisaran 6.253 - 6.317. Mega Capital Sekuritas mencermati, Indeks Harga Saham Gabungan pada perdagangan hari ini cenderung melemah terbatas dan diperdagangkan pada level 6.285-6.365. Kemarin, lanjut Pilarmas, IHSG tekroeksi seiring dengan mayoritas bursa regional menjelang pertemuan G-20.Sedangkan, Wall Street ditutup bervariasi dengan pasar mencermati apakah pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping di KTT G20 di Jepang akan menghasilkan kemajuan dalam negosiasi dagang antara kedua negara.

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : CNBC