• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ibnu Saleh : Potensi Budidaya Ikan Air Tawar Cukup Bagus

Kamis, 27 Juni 2019 | 20:35 WIB
Loading...

Klikbabel.com, Lubuk Besar - Bupati Bangka Tengah (Bateng), H Ibnu Saleh menilai potensi budidaya ikan air tawar cukup bagus sebab menjamurnya warung pecel lele mebuat permintaan ikan air tawar meningkat. "Saat ini potensi usaha berbahan ikan air tawar cukup besar, contoh kecil kebutuhan rumah makan pecel lele. Warung pecel lele sekarang telah menjamur. Disana kita bisa menjual ikan lele, nila dan gurami, karena menu makanan yang ditawar pedagang sekarang bukan hanya ikan lele," kata Ibnu Saleh dalam sambutannya, kamis (27/6) di perkebunan karet H Kur di Desa Lubuk Lingkuk.

 

Selain warung makan pecel lele, sekarang kebutuhan ikan air tawar di pasar Kota Koba dan Pangkalpinang juga cukup tinggi. "Konsumsi ikan air tawar saat ini meningkat, membuat kebutuhan ikan air tawar di pasar ikut meningkat," kata Ibnu Saleh.

 

Selain di jual dalam bentuk ekor, pembudidaya ikan air tawar yang tergabung dalan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di Bateng harus mampu menjualnya dalam bentuk olahan. "Ikan-ikan itu bisa kita buat ikan kering, kerupuk, empek-empek dan abon. Kita dari Pemkab Bateng, bisa bantu dalam pemasarannya," ungkap dia.

 

Ia juga tidak sungkan meminta Pokdakan untuk serius kelola bisnis ikan air tawar. "Pokdakan yang ada di Bateng membuat proposal bantuan. Apa yang bisa dibutuhkan, akan di bantu sesuai anggaran tersedia," katanya.

 

Pada kesempatan itu, Ibnu Saleh menyerahkan bantuan berupa asuransi kepada Pokdakan, dua set mesin penggiling dan pengaduk pakan ikan air tawar. Kemudian benih ikan, calon induk, waring dan bak fiber. "Mudah-mudahan bermanfaat. Kami akan terus berkomitmen memberikan bantuan sesuai kebutuhan," pungkasnya

Loading...


Penulis  : Roni
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com