• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Terpilih Dilantik

Rabu, 12 Juni 2019 | 11:11 WIB
Jokowi lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung terpilih di Istana Negara. (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung terpilih pada Pemilihan Gubernur 2018, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/6/2019). Mereka yang dilantik adalah Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim. Adapun acara pelantikan didahului dengan proses penyerahan petikan Keputusan Presiden oleh Presiden Jokowi kepada Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh rohaniwan dan dipandu langsung oleh Kepala Negara.

Klik Juga : Fahri Hamzah: 21 Tahun Bungkam, Kini Sudah Waktunya Prabowo Bicara

Pelantikan Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim ini berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 49/P/ Tahun 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung masa jabatan 2019-2024. Jokowi lebih dulu menanyakan kepada Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim apakah bersedia diambil sumpah jabatannya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung masa jabatan tahun 2019 -2024. "Sebelum disumpah jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung terlebih dahulu saya menanyakan kepada Insinyur Arinal Djunaidi dan Hajah Chusnunia Chalim. Apakah saudara-saudara beragama Islam? Bersediakah saudara mengucap sumpah menurut agama Islam. Apabila demikian saya minta saudara-saudara mengikuti dan mengulangi kata -kata saya," kata Jokowi saat pelantikan. "Bersedia," jawab keduanya secara bersamaan.

Jokowi kemudian melantik Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim seraya memandu membacakan sumpah dan jabatan. Saat pelantikan, Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim berjanji akan bekerja dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. "Memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," kata Jokowi yang diikuti Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim

Acara kemudian dilanjutkan kembali dengan penandatanganan berita acara pelantikan. Acara pelantikan ini turut dihadiri Ibu Negara Iriana, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kemudian hadir pula Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar. ntuk diketahui, pasangan Arinal dan Chusnia unggul dari tiga pasangan lainnya dengan perolehan suara 1.548.506 suara atau dengan persentase 37,7 persen. Kemudian di urutan kedua, Herman HN-Sutono mendapat raihan suara 1.054.646 atau 25,73 persen. Urutan ketiga yakni petahana Gubernur Lampung M Ridho Ficardho-Bachtiar Basri dengan raihan suara 1.043.666 atau 25,46 persen. Selanjutnya di posisi keempat Mustafa dan Ahmad Jajuli dengan raihan suara 452.454 atau 11,04 persen.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com