• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


DPRD Bangka Terima Aduan Mahasiswa STPN terkait Beasiswa Bermasalah

Selasa, 21 Mei 2019 | 17:12 WIB
Magrizan, Anggota DPRD Bangka. (Foto : Ramandha/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Sungailiat - Sejumlah mahasiswa penerima beasiswa Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta yang mengadu ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka terkait program beasiswa, mendapat tanggapan oleh salah satu Anggota DPRD Bangka, Magrizan.

Pada minggu lalu, dikatakan Magrizan, pihaknya telah dihubungi perwakilan mahasiswa yang menerima beasiswa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka, tentang pemberian beasiswa yang tidak tuntas hingga sekarang.

Ia menerangkan, aduan berasal dari 11 mahasiswa yang mendapatkan program Beasiswa Utusan Daerah (BUD) tahun 2016, khusus STPN dan menyelesaikan proses belajarnya selama 1 tahun. ''Jadi selama 1 tahun mereka mendapatkan biaya beasiswa sebesar Rp42 juta per orang, tapi pencairan dana tidak sesuai dengan apa yang ditanda tangani mereka," jelasnya, Selasa (21/5/2019).

Pencairan dana sendiri, dilakukan secara bertahap, dan ternyata masih tertangguh sekitar 50 persen dari setiap mahasiswa. Menurut Anggota DPRD Bangka Fraksi Hanura tersebut, terdapat suatu kejanggalan yang terjadi. ''Ataukah masalah administrasinya atau ada masalah lainnya. Harus segera diselesaikan, mereka sampai saat ini sudah beberapa kali mencari penjelasan ke pihak eksekutif maupun dinas terkait, tapi tak ada solusi,'' ucapnya.

Untuk itu, selaku wakil rakyat, pihaknya merasa prihatin atas permasalahan itu, ketika pihaknya mendapat aduan mengenai hak yang seharusnya didapatkan para mahasiswa. Magrizan juga menilai, permasalahan itu tidak mendapatkan perhatian dari pihak terkait selama 2 tahun dari 2017 sampai tahun 2019, dan dinilai dapat merusak citra pendidikan di Kabupaten Bangka sendiri. 

''Kami akan melakukan evaluasi dan klarifikasi melalui Komisi 1, dengan memanggil dari pihak dinas terkait. Dalam waktu 1 atau 2 Minggu ini, kami juga minta dinas terkait dapat menyelesaikan permasalahan ini,'' imbaunya.

"Nantinya juga akan kita cek program-program beasiswa lainnya, sebelum dan sesudah ini apakah terjadi juga hal demikian,'' tutupnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com