• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Jauhari : FPK Bateng Wadah Silaturahmi Berbagai Suku

Sabtu, 18 Mei 2019 | 09:43 WIB
Kepala BPBKesbangpol Bateng, Jauhari (Roni/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Koba - Miniaturnya masyarakat Indonesia ada di Bangka Tengah (Bateng) karena semua suku bisa dikatakan ada, terkecuali Papua. Kepala BPBKesbangpol Bateng, Jauhari mengatakan Bateng penduduknya terdiri dari beragam suku, Ras dan budayaan. 

Mulai dari aceh, Batak, Padang, Palembang, Bengkulu, Lampung, Jawa tengah, Jawa barat, Jawa Timur, Madura, Jakarta, Sulawesi, Kalimantan, Bali, NTT, NTB dan tiong hoa semua ada di Bateng. "Data kami mencatat suku Papua setau saya tidak ada di Bateng. Bisa dikatakan Miniaturnya Indonesia ada di Bateng," kata Jauhari kepada Klikbabel.com, Sabtu (18/05/2019).

Dengan keberagaman ini, Jauhari akan membentuk Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Bateng. Melalui FPK Bateng, Pihaknya akan menyamakan persepsi akan nilai-nilai nasionalisme. "Nilai-nilai nasionalisme harus di pahami. Makanya untuk menyamakan persepsi, kita akan rutin berkomunikasi melalui FPK Bateng," katanya.

Melalui FPK Bateng, masyarakat bisa mengetahui adat istiadat masyarakat daerah lain. Disini mereka bisa saling bercerita akan budayanya masing-masing, lagu daerah masing-masing hingga bahasa daerah. 

"Kita sarankan saat ada kegiatan adat atau budaya, satu sama lain nya saling undang. Hakikat pembauran pun akan tertanam jelas, jalinan persaudaraan bersifat nasionalis juga mendarah daging," katanya.

Menurut Jauhari, dalam waktu dekat kepengurusan FPK Bateng ini akan segera di bentuk."Kita harapkan FPK Bateng ini menjadi wadah silaturahmi miniaturnya Indonesia," pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Roni
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com

Topik