• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ibnu Saleh Berharap Petani Sejahtera Melalui Teknologi MA11

Jumat, 17 Mei 2019 | 17:33 WIB
Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) melakukan Memorandum of Understanding (MoU) penerapan teknologi MA11 keberlanjutan lingkungan pertanian
Loading...

Klikbabel.com, Koba - Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) melakukan Memorandum of Understanding (MoU) penerapan teknologi MA11 keberlanjutan lingkungan pertanian.

Pelaksanaan dan penandatanganan MoU dilakukan oleh Bupati Bateng H. Ibnu Saleh dengan Yayasan Anugrah Nusa Bangsa (ANSA) Indonesia di Homeschooling Jl. Klentengsari I, Semarang, Jawa Tengah.

MOU tersebut mengikat kerjasama dua instansi ini terutama dalam hal pembangunan pertanian Bangka Tengah berbasis pertanian organik terintegrasi (integrated ecofarming).

Selain Ibnu Saleh, hadir juga Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas Pangan yang juga melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama tentang penerapan Teknologi MA 11 pada pertanian di Bateng.

Ketua Yayasan ANSA Indonesia, Dr. Ir. Nugroho Widiasmani, M.Eng mengapresiasi Bupati Bateng yang telah melaksanakan langkah-langkah strategis untuk kemajuan daerahnya.

"Teknologi MA11 ini merupakan teknologi yang sangat ramah lingkungan. Tepat sekali kalau Bupati Bateng menerapkannya untuk kemajuan daerah di bidang pertanian, ini langkah strategis, "ungkapnya dalam sambutannya.

Bupati Bateng, H. Ibnu Saleh menyampaikan bahwa kerjasama ini sifatnya jangka panjang. Ibnu Saleh akan memanfaatkan Teknologi MA11 untuk menghargai dan menyehatkan alam khususnya tanah pertanian. 

"Alam akan memberikan kesejahteraan jika alam sehat. Saya pikir kerjasama ini sifatnya jangka panjang dan akan dinikmati generasi penerus kita nanti nya," kata Ibnu Saleh.

Teknologi MA11 adalah teknologi pupuk yang berguna untuk mempercepat permentasi pengolahan pupuk organik yang mengandung 11 bakteri. Penggunaan teknologi MA11 menekan penggunaan pupuk kimia sehingga unsur hara yang ada pada tanah tetap terjaga.

"Kami juga akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya Penyuluh Pertanuan, agar petani Bateng benar-benar paham akan teknologi MA11 ini," kata Ibnu Saleh. 

Ia juga berharap petani Bateng sejahtera melalui Teknologi MA11 ini. Ia juga akan menganggarkan di dalam APBD Bateng semua kegiatan yang berkaitan dengan Pertanian menggunakan Teknologi MA11 ini.

"Kita siap anggarkan sesuai kebutuhan, demi kesejahteraan Petani/pekebun Bateng," ungkapnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Pangan Bateng, Sajidin, Bateng merupakan kabupaten/kota pertama di Provinsi Bangka Belitung yang melaksanakan kerjasama penggunaan teknologi MA11 untuk pertanian.

"Mudah-mudahan langkah strategis yang dilakukan ini membawa kemajuan untuk Bateng dan Kabupaten/kota lainnya yang ada di Provinsi Babel," ungkapnya.

Loading...


Penulis  : Roni
Editor    : Zahrul
Sumber : Klikbabel.com