• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Dindikbud Basel Layangkan Edaran Bayar Zakat, Pegawai Kejari Bayar Masing-masing

Jumat, 17 Mei 2019 | 14:28 WIB
Ilustrasi. (Foto : net)
Loading...

Klikbabel.com,Toboali - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) melayangkan Surat Edaran (SE) tentang imbauan untuk menyalurkan zakat dan infaq melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten tahun 2019 ini.

Surat edaran dengan Nomor : 450.12/480/Dindikbud/2019 yang ditandatangani langsung oleh Plt Kepala Dindikbud Basel Ramdani menindaklanjuti Perbup Basel Nomor 1 tahun 2018 tentang Pedoman Pengelolaan dan Pemanfaatan Zakat, Infaq dan Shadaqah. 

Sehubungan dengan hal tersebut diimbau kepada seluruh ASN yang beragam Islam agar menyalurkan zakat dan infaq melalui Baznas Basel. "Dengan cara pembayaran dilakukan melalui bendahara dinas dengan dasar perhitungan nisab zakat profesi atau beserta tunjangan lainnya. Dengan penghasilan minimal 3,6 juta," kata Plt Kepala Dindikbud Basel Ramdani. 

Untuk mengeluarkan zakat sebesar 2,5 persen dengan gaji Rp 3,6 juta/bulan atau Rp 90 ribu/bulan sesuai dengan Rakerda Baznas se Babel tahun 2017. Bagi ASN yang dan honorer yang berpenghasilan dibawah Rp 3,6 juta/bulan, untuk mengeluarkan infaq sebesar Rp 10 ribu/bulan.

"Untuk memudahkan pengumpulan zakat dan infaq secara kolektif, maka seluruh pegawai membuat surat pernyataan pemotongan gaji melalui bendahara. Bagi yang berkeberatan, diimbau membuat surat pernyataan kepada Bupati Basel cq Bagian Kesra Setda," lanjut Ramdani. 

Sebelumnya diberitakan, guru TK, SD, SMP serta pegawai di instansi Dindikbud Basel tak memberikan zakat profesi selama ditetapkannya Perbup Basel Nomor 1 tahun 2018. Hal ini diketahui setelah awak media mendapatkan informasi dan data tersebut dari Baznas Basel. 

Sedangkan untuk di kejaksaan yang juga dikabarkan tak membayar zakat profesi melalui Baznas, Kasi Intel Kejari Basel Dodi P Purba mengatakan pegawai di kejaksaan telah membayar zakat profesi masing-masing ditempat asal mereka sesuai domisili. 

"Pegawai Kejari Basel sudah bayar zakat masing-masing di tempat domisilinya. Tidak melalui Baznas Basel, iya yang dibayar oleh masing-masing pegawai Kejari Basel yaitu zakat profesi 2,5 persen.  Memberikan secara langsung kepada yang berhak menerima. Saya sudah tanya pegawai disini," katanya. 

Sementara, Kabag Ops Polres Basel Kompol Rusnoto saat dimintai konfirmasi dengan persoalan yang sama, dimana data di Baznas Basel tidak ada pembayaran zakat profesi dari institusi tersebut belum memberikan jawaban saat berita ini diturunkan.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com