• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tiga Puskesmas Bateng Ikuti Akreditasi

Kamis, 16 Mei 2019 | 09:27 WIB
Kepala Dinas Kesehatan dr. Bahrun Siregar Sutrisno (Roni/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Koba - Puskesmas Benteng kecamatan Pangkalan Baru sudah akreditasi utama. Tiga Puskesmas lainnya di Bangka Tengah (Bateng) kembali ikuti akreditasi yang dilakukan Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementrian Kesehatan RI di tahun 2019. 

Kepala Dinas Kesehatan dr. Bahrun Siregar Sutrisno mengatakan ke tiga Puskesmas yang akan mengikuti akreditasi itu, yakni Puskesmas Koba, Puskesmas Perlang dan Sungaiselan. 

"Selain persiapan di lingkungan Puskesmas, mulai dari kebersihan, pelayanan, fasilitas kesehatan dan sumber daya manusianya. Dalam waktu dekat ketiga Puskesmas ini akan mengikuti workshop re akreditasi FKTP bekerja sama antara Dinkes Bateng, Dinkes Provinsi Babel dengan perkumpulan surveior akreditadi FKTP Indonesia," ungkap Bahrun kepada Klikbabel.com, kamis (16/05/2019).

Adapun pihak yang akan memberikan materi Bimtek, yakni surveior akreditasi FKTP dan Dinas Kesehatan Provinsi Babel. "Kami sebagai fasilitator. Pelaksanaan workshop rencananya di Bateng. Sebelum ikuti akreditasi, mereka harus ikuti re akreditasi ini dulu. Tujuannya agar dapat hasil yang memuaskan," ulasnya.

Untuk rencana akreditasi itu sendiri, kata Bahrun di akhir tahun 2019. Kemungkinan hasil akreditasi keluar pada tahun 2020. "Kapanpun pelaksanaan akreditasinya yang jelas saat ini kita laksanakan persiapan dulu, agar dapat hasil yang memuaskan," katanya.

Bahrun mengungkapkan dari 9 Puskesmas yang ada, hanya Puskesmas Benteng berakreditasi utama. "Dibabel hanya dua Puskesmas berakreditasi utama, salah satunya kita Bangka Tengah yakni Puskesmas Benteng," katanya.

Lanjut Bahrun, 6 Puskesmas lainnya, Puskesmas Lubuk Besar, Namang, Lampur, Sungaiselan, Simpangkatis dan Pangkalan baru berakreditasi Madya."Lalu Puskesmas Koba hanya berakreditasi dasar dan Puskesmas Perlang baru akan mengikuti penilaian akreditasi di tahun 2019 karena baru beroperasi pada tahun 2017 kemarin," ungkapnya.

Bahrun berharap ketiga Puskesmas yang mengikuti akreditasi ini mendapatkan hasil memuaskan, yakni utama. "Adapun tingkatan penilaian akreditasi, mulai dari terbawah yakni dasar, lalu madya, kemudian utama dan tertinggi paripurna," ulasnya.

Semakin tinggi tingkatan akreditasi, semakin baik pula pelayanan Puskesmas tersebut. Fasilitas kesehatannya juga harus sudah lengkap. "9 Puskesmas yang ada sekarang sudah lumayan baik, mulai dari pelayanan hingga suplayer dan fasilitasnya sudah memadai," ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Bahrun mengimbau kepada pelayan kesehatan di Puskesmas agar bekerja optimal. Semua kebutuhan masyarakat akan kesehatan segera di layani dengan baik. "Akreditasi memang sebagai tolak ukur pelayanan. Tapi, tugas pelayan kesehatan bukan dilihat dari akreditasi saja, melainkan kesigapan dan keseriusan di lapangan yang paling utama sekali. Yang menilai juga masyarakat, mereka yang merasakan langsung pelayanan kesehatan," imbaunya.

Loading...


Penulis  : Roni
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com