• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Imbau Pedagang untuk Tera Ulang Timbangan

Kamis, 16 Mei 2019 | 19:03 WIB
Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka, Tonny Marza. Foto ; Rama/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Imbauan diberikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka, Tonny Marza, kepada para pedagang untuk jujur dan selalu melakukan tera timbangan yang digunakan mereka saat melakukan proses jual beli.

Tonny mengatakan, pihaknya selalu menerapkan dan memberlakukan tera timbangan kepada setiap pedagang, khususnya yang ada di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Bangka. "Disnakerperindag selalu melakukan tera timbangan di pasar, cuma, upaya kita untuk menormalkan timbangan melalui tera ulang juga tidak mempunyai manfaat apabila perilakunya yang tidak berubah,'' jelasnya, Kamis (16/5/2019).

Prihal harga barang yang dijual para pedagang, dikatakannya, juga harus berdasarkan kesepakatan antara penjual dan pembeli. Namun, masalah timbangan yang tidak tepat maka akan masuk dalam ranah penipuan pada pembeli (konsumen).

"Seperti di Pasar Kite ini kalo ada pembeli yang merasa timbangannnya tidak sesuai maka silahkan dibawa ke UPT pasar untuk dilakukan timbangan pembanding, nanti akan kita selesaikan sengketa antara penjual dan pembeli,'' ucapnya.

''Tapi syaratnya barang belanjaan yang dibeli tidak boleh dulu dibawa pulang," lanjutnya.

Masyarakat juga diharapkan untuk lebih hati-hati serta sigap, terlebih dapat menjadi pembeli yang cerdas. Hal tersebut dikarenakan pembeli mempunyai hak untuk mendapatkan barang yang layak dibeli. ''Kalau lihat timbangan dari bentuk tidak meyakinkan, bisa minta penjual untuk memakai timbangan yang lain, karena itu hak pembeli itu, " terangnya.

Sanksi juga akan diberikan kepada pedagang, bila kedapatan melakukan kecurangan pada timbangan. maka akan dikenakan sanksi. Pihaknya juga selalu bekerjasama dengan Satpol PP Kabupaten Bangka, dimana timbangan yang tidak sesuai tersebut akan disita secara definitif. ''Setelah itu akan sekaligus nanti Pol PP pada tahap awal kota akan lakukan pembinaan, biasanya di Pol PP ada surat pernyataan,'' tutur Thonny.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com