• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


74,15 % Warga Bateng Miliki BPJS Kesehatan

Kamis, 16 Mei 2019 | 19:18 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Bateng dr Bahrun Siregar. Foto ; Roni/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Koba - Sebanyak 74,15 persen masyarakat Bangka Tengah (Bateng) telah memiliki BPJS Kesehatan. Dinas Kesehatan Bateng, terus berpartisipasi mensosialisasikan manfaat BPJS Kesehatan ke masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Bateng, dr. Bahrun Siregar Sutrisno mengatakan dari total 180.163 jiwa masyarakat Bateng sebanyak 133.920 jiwa sudah memiliki BPJS Kesehatan.

"74,15% masyarakat kita sudah ada BPJS kesehatannya, " kata Bahrun kepada Klikbabel.com, Kamis (16/05/2019).

Sisa warga yang tidak memiliki BPJS Kesehatan, diantaranya telah memiliki asuransi kesehatan lain dan sisanya lagi belum memiliki asuransi kesehatan apapun. "Mereka yang belum miliki asuransi kesehatan ini terus kami beritahukan agar menjadi Peserta BPJS Kesehatan," kata Bahrun.

Manfaat BPJS Kesehatan tidak lain mempermudah masyarakat saat berobat. Semua biaya berobat di tanggung BPJS Kesehatan, masyarakat hanya mengurus administrasi yang di perlukan petugas kesehatan di Rumah sakit atau Puskesmas.

"Hal-hal yang mempermudah untuk berobat seperti ini harus kita sosialisasikan. Jangan sampai saat hendak berobat, kita sedang tidak memiliki uang untuk berobat," katanya.

Bagi masyarakat yang mampu, Bahrun mempersilakan mengikuti BPJS Mandiri, dengan cara datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan. "Jika ingin ikuti asuransi kesehatan lainnya di luar BPJS Kesehatan juga tidak di larang, " katanya.

Menurut Bahrun fasilitas BPJS Kesehatan yang dimiliki masyarakat saat ini, sebanyak 64.246 jiwa merupakan peserta BPJS Kesehatan Mandiri dan sisanya sebanyak 69.674 jiwa memiliki BPJS Kesehatan Gratis melalui program Penerima Bantuan Iuran (PBI) menjadi tanggungan Pemerintah.

"PBI sendiri di programkan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Babel dan Pemkab Bateng. Jumlah PBI yang di tanggung oleh Pemerintah Pusat sebanyak 36.508 jiwa, Pemprov Babel sebanyak 9.741 jiwa dan Pemkab Bateng sebanyak 23.425 jiwa total peserta BPJS Kesehatan program PBI sebanyak 69.674 jiwa," ungkapnya.

Peserta BPJS Kesehatan program PBI ini merupakan warga kurang mampu. Untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan program PBI maka terlebih dahulu mengurus Surat Keterangan tidak mampu dari desa kemudian ke Disos PMD Bateng lalu di serahkan ke Dinkes Bateng.

"Kami yang mengesekusinya dengan memberikan data tersebut ke pihak BPJS Kesehatan koba lalu membayarkan iuran melalui anggaran yang tersedia,"katanya.

Khusus program PBI tanggungan Pemkab Bateng di tahun 2019, pihak Dinkes menganggarkan tambahan kuota sebanyak 3000 jiwa masyarakat kurang mampu. Total anggaran yang menjadi tanggungan Pemkab Bateng hingga tahun 2019 sebanyak 28.000 jiwa.

"Kuota tanggungan Program PBI dari kami masih tersisa untuk 2000 jiwa lagi. Silakan yang ingin mengajukan segera urus ke desa/kelurahan dan DisosPMD, khusus warga yang masuk katagori kurang mampu," ungkapnya.
 

Loading...


Penulis  : Roni
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com