• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Enam Desa di Basel Akan Dibangun Long Storage

Rabu, 15 Mei 2019 | 14:07 WIB
Ilustrasi Long Storage.
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Beberapa area persawahan di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) akan dibangung infrastruktur berupa long storage atau yang lebih dikenal bangunan penahan air. Fungsinya, menyimpan air didalam sungai sehingga cadangan air irigasi meningkat tahun 2019 ini.

"Long storange ini selain berfungsi menampung air hujan, petani juga memiliki cadangan air untuk mengairi sawah ketika memasuki musim kemarau. Pembangunan saluran sawah ini rencananya akan dilaksanakan di enam desa yang ada di Basel," ujar Kepala DPPP Basel Suhadi, Rabu (15/5).

Enam desa yang akan dibangun long storage atau saluran sawah itu diantaranya Desa Batubetumpang, Ranggung, Nadung, Gadung, Penutuk dan Desa Tanjung Sangkar. Pembangunan saluran sawah ini rencananya akan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK), akan dikerjakan dengan sistem swakelola oleh petani.

"Hari ini kami telah melaksanakan rapat dengan seluruh ketua Gapoktan guna melakukan persiapan sebelum pelaksanaan pembangunan saluran sawah," timpal Sekretaris DPPP Basel Rizal.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com