• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bawang Putih Dijual Rp40 Ribu di Pasar Murah Dinas Pangan Babel

Rabu, 15 Mei 2019 | 16:52 WIB
Warga menyerbu pasar murah yang digelar Dinas Pangan Babel di Taman Sari. Foto ; Rama/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Dinas Pangan Provinsi Bangka Belitung (Babel) bersama Dinas Pangan Kabupaten Bangka, menggelar operasi pasar murah di Lapangan Taman Sari, Sungailiat, Rabu (15/5/2019).

Berbagai jenis bahan pokok pun dijual dalam kegiatan tersebut. Termasuk beberapa jenis bahan pokok pelengkap bumbu dapur. Seperti cabai, gula serta bawang putih yang harganya sempat meroket.

Iin salah satu pedagang perwakilan distributor penyedia bahan pokok H Awi mengatakan, harga bawang putih yang dijualnya saat ini lebih murah dari sebelumnya, yaitu Rp. 40.000,- per kilogram (perkg). ''Kemarin-kemarin itu meroket. Sampai Rp80 ribu per kilogram. Nah ini harga yang kami jual harga langsung dari kami (distributor),'' jelasnya.

Meroketnya harga bawang putih beberapa waktu lalu, menurutnya, karena ketersediaan stok bawang putih sendiri sangat tipis. Berbeda dengan saat ini, stok bawang putih bisa dikatakan mencukupi. ''Kemarin itu memang stok bawang putih ini kurang waktu kemarin. Seperti di kami (distributor) juga. Jadi harganya tinggi. Untuk bawang merah tetap dikisaran Rp35 ribu perkilo,'' ucapnya.

Di sisi lain, Sri Rezeki, Kabid Ketersediaan Pangan, pada Dinas Pangan Provinsi Babel menuturkan, meroketnya harga bawang putih beberapa waktu lalu, dikarenakan pengiriman stok bawang putih tersendat. ''Karena pasokan lambat datang, jadi kebanyakan pedagang itu nahan. Akhirnya stok berkurang di pasar, sehingga harganya naik drastis. Tapi sekarang kan sudah seperti biasa, karena pengiriman udah lancar,'' pungkas Sri.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com