• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


TPS Pemilu Dilarang di Tempat Ibadah

Senin, 15 April 2019 | 21:02 WIB
Ketua KPU Bangka M. Hasan memberikan keterangan kepada awak media. Foto : Rama/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, hingga saat ini terus melakukan pemantauan tentang kesiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang terdapat di sejumlah daerah.

Ketua KPU Bangka, M Hasan mengatakan, kesiapan TPS juga menjadi salah satu faktor yang terus diawasi oleh pihaknya. Baik dari segi kesiapan tempat, tata ruang pencoblosan hingga tata letak TPS tersebut. ''Pendirian TPS juga kemarin ada masukan dari parpol (partai politik), agar letaknya jangan sampai ada unsur politiknya. Misalnya letaknya ada pada salah satu lingkungan caleg (calon legislatif), itu kita geser,'' jelasnya, Senin (15/4/2019).

Hal tersebut, karena sudah terdapat aturan sebelumnya dari KPU tentang syarat-syarat pendirian TPS. Seperti ukuran TPS yang mengharuskan berukuran 8 x 10 meter.

Selain itu, TPS juga dilarang didirikan di wilayah tempat ibadah, misalkan masjid, gereja dan lain-lain. ''Tidak boleh, karena bisa mengganggu proses ibadah. Misalnya nanti ada penghitungan suara, nanti kan berisik. Tapi nanti kita akan cek kembali, ada pertimbangan-pertimbangan lainnya. Yang jelas tidak boleh,'' terang Hasan.

Sementara itu, Corry Ihsan selaku Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka, ketika dikonfirmasi, juga menekankan, pendirian TPS di lingkungan tempat ibadah, misalnya di suatu masjid, memang tidak diperbolehkan.

Alasannya dikarenakan, proses pemilu sendiri akan berlangsung lama, dan dinilai dapat mengganggu proses ibadah. ''Itu tidak dibolehkan. Dipekarangan juga, kecuali memang urgent, tidak ada tempat lagi. Tapi kan pasti banyak tempat lain yang bisa digunakan. Itu prosesnya panjang loh,'' tegasnya.

 

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com