• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


TNI-Polri Gelar Apel Patroli Amankan Pemilu 2019

Senin, 15 April 2019 | 17:31 WIB
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - TNI-Polri menggelar Apel Pemberangkatan Pam TPS Pemilu dan Patroli Bersama serta Penempatan Personil Pos Terpadu di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Senin (15/4/2019). Apel tersebut digelar sebagai bentuk kesiapan dua institusi tersebut dalam menjaga keamanan masyarakat sampai ke tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2019.

Patroli keamanan ini akan berlangsung selama masa tenang mulai hari ini hingga pencoblosan pada Rabu 17 April mendatang.

"Kita gelar apel pengamanan masa tenang dan pergeseran PAM pos baik dari Polda maupun Kodam. Kita berikan pesan di masyarakat bahwa Polda dan Kodam siap melakukan pengamanan Pemilu," ujar Komandan Kodim (Dandim) 0413/Bangka, Letkol Arm Riski Budianto.

Usai apel, ribuan pasukan gabungan tersebut akan berpencar ke seluruh wilayah Provinsi Babel sekitarnya untuk melaksanakan patroli pengamanan. Selain itu, TNI-Polri juga akan mengawal Satpol PP untuk membersihkan alat peraga kampanye.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Bangka Selatan (Basel) H.Riza Herdavid, ST membacakan tujuh amanat Kapolri Jendral Tito Karnavian. Tujuh Amanat Kapolri yang disampaikan Wabup Basel pada Apel yang dihadiri Kapolres Basel, Kajari Basel dan Dandim 0413 Bangka tersebut antara lain, yang pertama Perkuat Solidaritas dan Sinergitas TNI/POLRI guna mewujudkan Pemilu yang aman, lancar dan damai, yang kedua Jaga netralitas TNI/POLRI serta hindari tindakan yang dapat menciderai netralitas TNI/POLRI dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pemilu, yang ketiga kedepankan langkah-langkah pro aktif dengan mengedepakan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini.

"Yang keempat dorong seluruh elemen KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol dan masa pendukungnya, Pemda, Media, Tokoh masyarakat serta pengawas pemilu Independen untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang di emban sesuai dengan peraturan yang berlaku. Yang kelima Gelorakan deklarasi pemilu damai di masing-masing wilayah dengan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu," Kata Riza.

Selanjutnya Kapolri mengamanatkan susun rencana pengamanan secara detail dan laksanakan latihan setiap tahapan pengamanan termasuk dalam menghadapi situasi Kontijensi serta harus ada penegakan hukum secara profesional dan proporsional, baik terhadap dugaan tindak pidana Pemilu yang diselenggarakan melalui sentra Gakumdu, maupun pelanggaran hukum lainnya guna menjamin Kamtibmas.

Loading...


Penulis  : Septi. A
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com