• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Sabu dan Ekstasi Senilai Rp 1 Miliar di Blender

Jumat, 12 April 2019 | 20:49 WIB
Pemusnahan barang bukti dengan cara di blender oleh pihak Kejari Basel, Jumat (12/4). Foto ; Devi Dwi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Barang bukti (BB) narkotika jenis sabu dengan berat total mencapai 177,744 gram, 1.013 butir pil ekstasi dan 19 butir pil tramadol dimusnahkan dengan cara diblender oleh Kejari Bangka Sekatan (Basel) dan dibuang ke toilet, Jumat (12/4) sore di aula belakang Kejari Basel

Pemusnahan barang bukti tersebut merupakan hasil tindak pidana umum (Pidum) periode 2018-2019 dari 16 perkara dengan jumlah tersangka 16 orang untuk perkara yang telah memiliki kekuatan hukum tetap atau inkrah berdasarkan putusan Majelis Hakim PN Sungailiat. 

Untuk 5 pucuk senjata api (Senpi) dilakukan pemusnahan dengan cara dipotong menjadi dua bagian menggunakan mesin gerinda pemotong besi dan pelat bersamaan dengan 16 butir amunisi dan 10 unit senjata tajam (Sajam). Perkara pidum lainnya dimusnahkan dengan cara dibakar. 

"Jika di rupiahkan nilai (sabu dan ekstasi) menurut informasi dari BNN hampir 1 miliar lah. Pemusnahan ini dilakukan pada tahun 2019 untuk yang pertama, dan untuk pemusnahan kembali dilakukan setelah ada putusan-putusan PN yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap," ujar Kajari Basel Safrianto usai giat itu. 

Dia menegaskan, Kejari Basel sangat berkomitmen dalam penegakkan hukum penyalahgunaan narkotika. Dimana salah satu barang bukti perkara tersebut tersangkanya dikenakan tuntutan penjara maksimal 20 tahun dan diputuskan 19 tahun penjara. 

Untuk itu dia mengimbau dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif melakukan pencegahan dini di lingkungan masing-masing. Apabila adanya indikasi penyalahgunaan narkotika sekiranya dapat memberikan informasi kepada aparat kepolisian.

"Kalau mengetahui indikasi itu, segera diinformasikan ke aparat untuk selanjutnya dilakukan penyelidikan dan penyidikan. Kita juga imbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak menyalahgunakan narkotika dan tidak ikut serta terlibat didalamnya," imbaunya.

Turut hadir dalam kesempatan itu Kajari Basel Safrianto Zuriat Putra, Kasi BB dan Rampasan Kejari Freddy Oslan, Kasi Intel Kejari Dodi P Purba, Kasi Pidum Denny, Kepala BNNK Akhmad Sobirin, Kepala DKPPKB Basel Supriyadi dan Kapolsek Toboali Iptu Yandrie C Akip.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com