• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Lelang Proyek Bangka Selatan Sudah Gunakan Aplikasi SPSE 4.3

Kamis, 11 April 2019 | 10:14 WIB
Kabag Lelang dan Pengadaan Basel Elfan. Foto ; Devi Dwi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Kabag Lelang dan Pengadaan Setda Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Elfan R menuturkan, pemerintah kabupaten telah menggunakan aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4.3.

Aplikasi tersebut digunakan agar lebih mengoptimalkan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) untuk tender pengadaan barang dan jasa pada tahun anggaran 2019 ini.

"Penggunaan aplikasi SPSE versi 4.3 ini mengacu pada Undang-undang nomor 16 tahun 2018 tentang Jasa Konstruksi dan berdasarkan Keputusan Deputi Bidang Monitoring, Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi LKPP nomor 20 tahun 2018," ujarnya, Kamis (11/4).

Dia menjelaskan, untuk tender pengadaan barang dan jasa pada LPSE Basel tersebut sudah menggunakan aplikasi SPSE versi 4.3 dari LKPP sebelumnya SPSE versi 3.6. Terlebih, kedatangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Pemkab Basel beberapa waktu lalu telah mempertanyakan hal ini.

"Ini juga menjadi pertanyaan pertama KPK kepada kita waktu monitoring krmarin. Apakah kita sudah menggunakan SPSE versi 4.3 atau belum. Karena LPSE ini juga menjadi salah satu atensi dari KPK RI terkait transparansi lelang," paparnya.

Adapun perbedaan SPSE versi 4.3 lebih detail pada tampilan muka daripada versi 3.6. Sehingga semua orang dapat mengakses secara detail terkait kegiatan yang dilelang, termasuk kelengkapan administrasi peserta lelang.

"LKPP melalui aplikasi SPSE versi 4.3 memang mengarahkan LPSE supaya lebih transparan dalam proses lelang pengadaan barang dan jasa. Karena aplikasi ini lebih detil bisa akses semua orang. Makanya kita juga menggunakan aplikasi ini sebagai bentuk transparansi kita dalam proses lelang," jelasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com