• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


KIP KM Krakatau Tin Terbakar di Alur Muara Air Kantung Sungailiat

Kamis, 11 April 2019 | 12:22 WIB
Kebakaran yang melanda KM Krakatau Tin. Foto ; Rama/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat  - Kebakaran terjadi pada Kapal Isap Produksi (KIP) KM Krakatau Tin yang sedang beroperasi di depan alur muara Air Kantung, Kecamatan Sungailiat Kamis (11/4/2019) sekitar pukul 09.00 WIB pagi. 

Penyebab kebakaran kapal milik PT Timah itu diduga berasal dari mesin kapal. "Ya, jadi kami mendapat kabar tentang itu langsung berupaya memberikan pertolongan dengan mengerahkan beberapa kapal nelayan membantu pemadaman api," jelas Ridwan, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka.

Ia menyebutkan, lokasi kapal isap Krakatau Tin sendiri berjarak kurang lebih 3 mil dari alur muara Air Kantung Sungailiat tersebut.

Hal itu juga yang membuat, tim pemadam baik dari pihak PT Timah maupun para nelayan, sehingga lebih mudah dijangkau para nelayan untuk memberikan bantuan pemadaman. ''Kita bantu di situ. Jadi saat dapat kabar dari nelayan, kita langsung ketempat kejadian, dan berusaha membantu semampu kami,'' ucap Ridwan.

Dalam kejadian itu, dikatakannya, tidak ada korban jiwa, namun beberapa ABK dan kuasa kapal, mengalami luka lecet dibagian tangan ketika melakukan pemadaman api. "Tadi saat saya juga ikut pantau, ada beberapa orang luka kecil, dan satu sepertinya kuasa kapal yang luka lecet,'' lanjutnya.

Lebih lanjut, selain bantuan dari pihak nelayan, terlihat juga terdapat beberapa kapal tambang yang ikut memadamkan api menggunakan semprotan peralatan tambang mereka.

''Tadi juga sudah ada pihak dari pemadam PT Timah, yang segera memadamkan api. Untuk sekarang sudah terkendali. Api juga sudah padam,'' tutupnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com