• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


'Kambing Lahiran pun Kami yang Urus'

Kamis, 11 April 2019 | 04:39 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Ada kisah unik yang terselip ketika Presiden Jokowi menghadiri acara Silaturahmi Nasional Pemerintahan Desa se-Indonesia, di Tennis Indoor, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Dalam acara tersebut, Jokowi meminta sejumlah kepala desa untuk maju ke hadapannya agar bisa menceritakan persoalan-persoalan di perdesaan.

Salah satu kades yang maju ke depan adalah Zuliarman. Ia adalah Kades Sijunjung, Sumatera Barat. Kepada Jokowi, ia meminta kades diberikan uang operasional.

"Kades ini bertugas 24 jam pak. Kami mengurus kambing yang beranak. Ibu melahirkan kami yang urus. Ibu hamil kami juga urus. Nah, soal uang operasional ini, saya yakin jadi aspirasi seluruh kades,” kata Zuliarman kepada Jokowi.

Tak hanya itu, Zuliarman juga mengeluhkan rumitnya sistem pelaporan penggunan dana desa.

Segendang sepenarian, Yuman Rahman Kades dari Gorontalo juga memunyai keinginan sama. Kepada Jokowi, ia mengeluhkan aturan yang banyak soal pelaporan dana desa.

"Urusan Laporan) Sulitnya banyak sekali aturannya," kata Yuman.

Mendengar hal tersebut, Jokowi berjanji menindaklanjuti keluhan kepala desa terkait hal tersebut.

"Soal dana operasional akan saya matangkan, putuskan, sehingga kegiatan di desa tak merepotkan dan membebani bapak ibu. Soal laporan yang sulit akan disederhanakan,” janjinya.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com