• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Satpol PP, Damkar dan Linmas Bukan Sekedar Penjaga Pasif

Rabu, 10 April 2019 | 15:04 WIB
HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke 69 tahun, Pemadam Kebakaran (Damkar) ke 100 tahun dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke 57 tahun. Foto : Rama/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka menggelar tiga resepsi Hari Ulang Tahun (HUT) sekaligus. Diantaranya HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke 69 tahun, Pemadam Kebakaran (Damkar) ke 100 tahun dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke 57 tahun. Bupati Bangka, Mulkan mengatakan, pada kegiatan resepsi ini agar jangan hanya menjadi ajang seremonial saja, melainkan seluruh anggota Satpol PP Kabupaten Bangka dapat memanfaatkan momen hari ini untuk bersilaturahim meneruskan semangat juang.

Tidak hanya itu, anggota Satpol PP Kabupaten Bangka juga diharapkan berdedikasi tinggi, sebagai pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat serta kebulatan tekad untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Bangka. "Perayaan ini untuk mengajak seluruh masyarakat untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan, menjunjung tinggi ideologi Pancasila menjadi sarana pemersatu bangsa kita," jelasnya, Rabu (10/4/2019).

Satpol PP, Damkar dan Linmas, dikatakannya, bukan sekedar penjaga wilayah Kabupaten Bangka yang bersifat pasif tapi berperan aktif dalam proses pembangunan. ''Melindungi hasil pembangunan, memberikan perlindungan kepada masyarakat dengan tujuan akhir kesejahteraan masyarakat serta menyukseskan agenda nasional bangsa Indonesia,'' ucapnya.

Selain itu, peran penting Satpol PP, Damkar dan Linmas, juga dapat dilihat dari tanggungjawabnya, yakni Damkar melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran. ''Ada juga pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Itu lah tanggungjawab mereka,'' lanjut Mulkan.

Sementara, dibentuknya Satpol PP sendiri untuk menegakkan peraturan daerah (perda) dan peraturan kepala daerah, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman. "Selain menangani bencana, Linmas ikut memelihara ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketentraman masyarakat,'' terangnya. Dari jumlah anggota Satpol PP Kabupaten Bangka sebanyak 327 personil, sedangkan Permendagri Nomor 60 Tahun 2012 tentang keanggotaan Satpol PP, di Kabupaten Bangka seharusnya berjumlah 340 personil, namun semua itu dinilai sudah terpenuhi dari kuota yang ditetapkan Permendagri. "Jumlah yang ada saat ini sudah memenuhi syarat, sehingga tinggal perlu peningkatan dan pengoptimalan kinerja selaku penegak peraturan daerah (perda)," tutur Bupati.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com