• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Mulkan Dukung Rencana Pemprov Babel Bangun Pelabuhan Tuing

Selasa, 09 April 2019 | 13:46 WIB
Bupati Bangka, Mulkan saat diwawancarai wartawan. (Foto : Ramandha/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Sungailiat - Dukungan diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka terhadap rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Babel yang menginginkan pembangunan pelabuhan, di dusun Tuing, desa Mapur di Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Bangka, Mulkan, disela kegiatan diskusi Penilaian PPID, Selasa (9/4/2019). Ia melanjutkan, pelabuhan itu akan menjadi pelabuhan terbesar di Pulau Bangka. Pembangunan pelabuhan sendiri dilakukan, karena pihak Pemprov Babel menilai pelabuhan utama yang saat ini beroperasi, yaitu Pangkal balam sudah kewalahan.

''Pelabuhan sudah sempit untuk mengantisipasi bongkar muat kapal-kapal yang bersandar. Ditambah lagi alur muara sungai surut jadi banyak kapal terhambat bongkar muat barang," jelasnya.

 

Ia melanjutkan, pembangunan pelabuhan di Kecamatan Riausilip ini, dianggarkan oleh Pemprov Babel melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan luas lahan yang disiapkan 854 hektar. ''Dilokasi itu ada aset Pemkab Bangka juga seluas 5 hektar,'' sambung Mulkan.

 

Pemkab Bangka memberikan dukungan demi kesejahteraan serta perekonomian masyarakat di Pulau Bangka. ''Pelabuhan dibangun di Dusun Tuing disebabkan kedalaman air laut yang dapat menampung untuk kapal besar walaupun air dalam kondisi surut,'' ungkapnya.

 

Bupati pun berharap, dengan dibangunnya pelabuhan tersebut dapat langsung berdampak positif bagi pembangunan wilayah Kabupaten Bangka dan Babel pada khususnya, terutama dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com