• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bimtek Penyelenggaraan Pemilu oleh KPU Bangka Hampir Final

Selasa, 09 April 2019 | 22:52 WIB
Divisi Teknis Penyelenggaraan, Iman Supiar. (Foto : Ramandha/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Sungailiat - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka melalui Divisi Teknis Penyelenggaraan, Iman Supiar menyampaikan, sampai saat ini sudah dilakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada seluruh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang ada di Kabupaten Bangka.

Ia menjelaskan, di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka, bahkan per desa, sudah disampaikan kepada PPK agar melaksanakan bimtek kepada petugas KPPS. ''Silakan mereka melaksanakan kegiatan (bimtek,red) di masing-masing tempat, dan per hari ini rata-rata hampir sudah selesai semua tinggal satu Kecamatan Sungailiat,'' jelasnya, Selasa (9/4/2019).

Menurutnya, keterlambatan bimtek yang dilakukan di Kecamatan Sungailiat, karena memang Sungailiat mempunyai Tempat Pemungutan Suara (TPS) terbanyak. ''Yang paling banyak di Kelurahan Sungailiat yaitu ada 60 TPS, jadi untuk persiapan ke 60 TPS. Itu harus dengan di bimtek ada 5 orang maksimal jadi menggunakan ruangan yang agak besar. Jadi mereka minta waktu, kemungkinan tanggal 10 Jadi per tanggal 11 itu seluruh kegiatan bimbingan teknis kami anggap sudah selesai,'' terang Iman.

Sementara itu, untuk persiapan teknis kegiatan hingga saat ini, dinilainya sudah hampir mencapai 100 persen, sehingga pihaknya yakin pelaksanaan Pemilihan umum (Pemilu) kedepan dapat berjalan lancar dari sisi penyelenggaraan, khususnya di wilayah Kabupaten Bangka. ''Kalau secara teknis untuk persiapan di H min 7 ini, kita rasa sudah final. Tapi nanti kalau ada aturan baru yang diturunkan dari pusat, secepatnya kita sampaikan ke jajaran, agar segera ditindaklanjuti,'' tuturnya.

Lebih lanjut, Iman juga menyampaikan, bahwa nantinya juga akan digelar simulasi pemilu oleh pihaknya, mulai dari pencoblosan kertas suara hingga ke penghitungan suara. 

Digelarnya simulasi tersebut, juga dalam rangka melihat serta melakukan penggambaran situasi terhadap proses pemilu. ''Kita ada simulasi pemungutan suara di TPS dan itu dibuat se real mungkin seperti di hari H. Jadi nanti kita bisa tahu, apa saja kekurangan dalam proses pelaksanaan pemilu kedepan. Setelahnya baru kita lakukan evaluasi,'' tutupnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com