• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Saksi Partai Politik Harus Bawa Surat Mandat

Senin, 08 April 2019 | 09:56 WIB
Pelatihan saksi partai politik. Foto ; Devi Dwi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Sahirin mengatakan, pelatihan bagi saksi Partai Politik (Parpol) sangat penting dilakukan. Pasalnya, saksi parpol adalah mitra pengawas TPS untuk memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara berjalan sesuai dengan aturan.

"Kami harapkan dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan kepada saksi terkait proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Diharapkan pula kepada para saksi pada saat melakukan tugasnya agar membawa surat mandat dalam bertugas," ujarnya, Senin (8/4).

Selain itu, disebutkan Sahirin besar harapan Bawaslu Basel agar saksi parpol dapat segera melaporkan bilamana menemukan dugaan pelanggaran ataupun temuan yang mungkin akan terjadi pada saat hari pemungutan suara. Dan juga bisa diselesaikan pada saat itu juga.

Sebelumnya, Bawaslu Basel melalui panwascam di delapan kecamatan saat ini telah menggelar pelatihan saksi parpol untuk tiap-tiap kecamatan yang ada di daerah ini dimana saat ini prosesnya sedang berjalan. Kegiatannya telah dimulai dari tanggal 6 April dan akan berakhir pada 9 April 2019.

Koordinator Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Basel Azhari mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagimana yang diamanatkan Pasal 351 ayat (8)  Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Bahwa pelatihan saksi parpol dilakukan oleh bawaslu merupakan suatu urgenitas yang harus dilaksanakan.

"Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan tujuan agar saksi parpol yang akan menjalankan tugasnya pada tanggal 17 April 2019 mendatang dapat menjalankan tugas dan kewajibannya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kita juga memberikan buku panduan dan video tutorial yang akan digunakan sebagai panduan oleh saksi dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya," jelasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com