• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ada Bank Sampah di Pemkab Bangka

Senin, 08 April 2019 | 16:19 WIB
Bupati Bangka, Mulkan saat meresmikan Bank Sampah. (Foto : Ramandha/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Sungailiat - Bank sampah pertama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka bernama Setara, diresmikan Bupati Bangka Mulkan, Senin (8/4/2019) di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka.

Bupati Mulkan, juga langsung memerintahkan jajarannya untuk mengumpulkan sampah kemudian ditabung sesuai dengan jumlah sampah yang didapat. "Ini sebagai contoh. Untuk itu, kita duluan yang melakukannya," jelas Mulkan.

Ia melanjutkan, segala upaya agar mengurangi sampah di Pemkab Bangka selalu digiatkan pihaknya, terutama dengan pembukaan bank sampah. ''Ini dengan aturan pemberlakuan nilai sampah. Sesuai tarif yang ditentukan pengelola,'' lanjutnya.

Ia mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar menjadi suatu kewajiban untuk menjadi suri tauladan yang baik bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Bangka. "Saya akan sanksi tegas bila ada ASN yang buang sampah sembarangan," imbaunya.

Sementara itu, sampah yang berasal dari rumah dinas bupati pun menjadi nasabah awal dari bank sampah itu. Bupati pun menimbang sampah yang memiliki nilai ekonomis seperti sampah botol kemasan tersebut. ''Kadang ada yang buang sampah dari motor pakai lempar, dari mobil juga, padahal kotak sampah sudah disediakan," tuturnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini juga berharap, dengan adanya bank sampah ini, kesadaran masyarakat tumbuh, sehingga Kabupaten Bangka dapat kembali meraih adipura ditahun selanjutnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Bangka, Meina Lina dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan, Bank sampah ini merupakan inisiasi DLH sebagai motor penggerak agar tumbuhnya bank sampah lain di Kabupaten Bangka.

Untuk harga sampai yang ditampung di Bank sampah sendiri pun bervariasi, mulai dari sampah botol plastik dengan harga 2000 rupiah perkilo, koran bekas dengan nilai 550 rupiah perkilo hingga sampah alumunium yang mencapai harga 7600 per kilo. 

"Alasan lain didirikannya Bank Sampah ini, untuk mengurangi timbunan sampah yang akan diangkut ke TPA (tempat pembuangan akhir). Dengan adanya bank sampah Setara ini, mudah-mudahan kesadaran masyarakat tumbuh, kalau sampah pun bernilai ekonomis," pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com