• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemprov Babel Bakal Luncurkan Aplikasi Stunting

Sabtu, 06 April 2019 | 08:59 WIB
Kadinskes Babel Mulyono saat menjelaskan aplikasi stunting kepada Wagub Babel Abdul Fatah. Foto : ist
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus melakukan inovasi untuk melakuan percepatan pembangunan dan kesejahteraan serta kesehatan masyarakatnya. Kali ini, inovasi aplikasi yang diberi nama “Stunting” akan diluncurkan oleh Pemprov Babel dalam waktu dekat. Aplikasi ini, nantinya digunakan untuk melihat data Stunting di sejumlah kabupaten/kota dan sejauh mana proses penanganan yang telah dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Babel.

Aplikasi “Stunting” yang diprakarsai oleh Dinas Kesehatan Provinsi Babel, kata Wakil Gubernur (Wagub) Babel, Abdul Fatah, sedang dalam tahap proses penyelesaian dan akan rampung dalam waktu dekat. “Aplikasi ini, akan selesai satu bulan lagi setelah rapat ini final,” kata wagub, di ruang rapat kerjanya, Lantai I Kantor Gubernur Babel, di Air Itam, Pangkalpinang, usai Rakor terbatas dengan OPD mengenai Penangulangan dan Penanganan Stunting, Jumat (5/4/2019).

Dijelaskan wagub, pembuatan aplikasi ini, berawal dari adanya data Stunting yang di input secara manual. Kemudian, untuk mempercepat data tersebut, lanjut Wagub, maka dibuatlah aplikasi Stunting “Aplikasi sudah kita olah sekarang dan kemudian apa yang kita lakukan secara manual akan cepat di inpout dalam aplikasi,” pungkasnya. Tujuan aplikasi ini, ditegaskan Wagub, untuk mempercepat kerja dan monitoring serta evaluasi data Stunting yang berada di Kabupaten/Kota. “Ya, untuk mempercepat kerja dan monitoring serta evaluasi data Stunting,” timpalnya.

Sebelumnya, Mulyono selaku Kepala Dinas Kesehatan Babel mengatakan, aplikasi ini untuk melihat sejauh mana data stunting nantinya, dan setelah melihat nantinya bisa melakukan dilakukan langkah-langkah penanganannya. “OPD lain bisa lihat dan memberikan komentar di apikasi itu, dan aplikasi itu dilihat oleh pak Wagub atau Gubernur, dan di print untuk ditindalanjuti ke OPD terkait,” jelasnya. Aplikasi stunting, lanjut Mulyono, nantinya bisa di downlod oleh masing-masing OPD Kabupaten/ Kota serta Provinsi, dan bisa langung diisi atau melihat data stunting. “Kita akan berikan aplikasi ini, dan bisa di dowlod nantinya kalau sudah jadi,” imbuhnya.

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : babelprov