• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Akal-akalan Garuda Indonesia Soal Diskon Tiket

Jumat, 05 April 2019 | 10:43 WIB
Garuda Indonesia
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Garuda Indonesia belum lama ini menggelar promo tiket murah, bukan perihal gampang untuk mendapatkannya. Masyarakat harus memenuhi berbagai persyaratan yang berlaku sebelum mendapatkan diskon tiket. Pengamat penerbangan Gatot Rahardjo menilai, potongan harga atau diskon yang diberikan maskapai pelat merah itu hanya gimmick belaka. Artinya, diskon tersebut hanya tipu muslihat dari Garuda Indonesia agar masyarakat tetap mempercayai maskapai berlogo garuda biru itu.

Klik Juga : Ada Permasalahan di Manajemen RSUD Sejiaran Setason

"Kalau diskon Garuda itu hanya gimmick saja (hanya beberapa kursi di beberapa penerbangan) dan cenderung sulit mendapatkannya," kata Gatot saat dihubungi Suara.com (jaringan klikbabel.com), Jumat (5/4/2019).

Menurut Gatot, diskon Garuda bisa dilihat dari dua aspek. Pertama dari sisi manajerial, dia menjelaskan, Garuda Indonesia merupakan pemimpin harga di industri penerbangan nasional. Sehingga, kalau Garuda menurunkan harga seperti menerapkan diskon, maskapai lain pasti akan menurunkan harga juga. Kalau tidak, penumpangnya pilih naik Garuda karena layanannya lebih baik. "Masalahnya, Garuda sekarang punya Citilink plus Sriwijaya yang juga harus hidup dan berkembang. Kalau harga tiket Garuda murah, sudah pasti harga tiket Citilink dan SJ juga akan lebih murah lagi. Jadi secara manajerial pasti Garuda berhitung secara grup karena pangsa pasar Citilink dan SJ sudah hampir 3/4 Garuda," tutur dia.

Selanjutnya, kedua dari sisi teknis, Gatot mengatakan, saat ini diskon itu bisa diakses di seluruh dunia. Sehingga, jika diakses secara bersamaan, maka sistemnya bisa menjadi bermasalah. "Apalagi durasi waktu diskonnya sempit, hanya sampai pertengahan Mei. Padahal di April ini banyak libur, terutama tanggal 17 dan 19 libur. Sebenarnya hal-hal begini harus dikomunikasikan pada masyarakat dengan baik sehingga tidak merasa dibohongi. Ekspektasi masyarakat terhadap diskon dan lain-lain sangat besar saat ini terkait tiket pesawat yang dirasa masih mahal," imbuh dia. Menurut Gatot, penting untuk mengumumkan penurunan tiket pesawat yang sebenar-benarnya. "Jadi komunikasi dan pencerahan pada publik terkait bisnis penerbangan mutlak diperlukan agar jangan sampai nanti malah berbalik ke Garuda dengan citra yang jelek," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendapatkan informasi bahwa Garuda Indonesia telah menurunkan harga tiketnya dan menggelar promo tiket murah. Seolah tak percaya begitu saja, mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini kemudian memerintahkan jajaran Kementerian Perhubungan untuk memantau pergerakan harga tiket pesawat. "Pantau, apakah yang dilakukan (Garuda Indonesia) itu benar menurunkan tiket?" kata Menhub.

Dilansir dari situs resmi Garuda Indonesia, penurunan harga tiket hanya berlaku dengan syarat dan ketentuan berlaku seperti hanya pada destinasi tertentu, metode pembelian tertentu, persediaan tertentu dan discount yang diberlakukan dengan waktu tertentu. Bahkan, jika ingin mendapatkan potongan harga, calon pembeli harus terlebih dahulu mengakses website dan aplikasi mobile Garuda Indonesia atau melalui online travel agent tertentu.

 

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com