• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Burung Murai Batu dan Lainnya Dicuri, Muhtadi Rugi Rp24 Juta

Kamis, 04 April 2019 | 10:38 WIB
Pencuri burung Murai Batu milik Muhtadi diamankan pihak kepolisian dari Polres Basel. Foto : Devi Dwi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Tori (20) warga Jalan Kolong 2, Kelurahan Toboali Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) merupakan dalang dibalik tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat) di kediaman Muhtadi, Kamis (28/2) sekira pukul 14.00 WIB.

Klik Juga : Tanda-tanda Kecanduan Game PUBG

Berdasarkan LP/B-  142 /II/2019/BABEL/RES BASEL/SPKT, tanggal 28 Februari 2019, korban menderita kerugian materi senilai Rp 24.940.000. Dengan rincian barang yang telah dicuri 140 kg pasir timah, 5 ekor burung, 1 unit Hp merk Vivo Y53 serta uang tunai sebesar Rp 40.000.

Kasatreskrim Polres Basel AKP Harry Kartono saat dimintai konfirmasi wartawan menjelaskan, kronologis awal kasus 363 KUHP tersebut bermula pada saat korban pada Kamis (28/2) sekira pukul 16.30 WIB pulang ke kediamannya melihat burung miliknya yang berada didalam rumah sebanyak 5 ekor jenis Murai Batu, Jalak Suren dan Kenari sudah tidak ada lagi dalam sangkarnya.

"Mengetahui hal itu kemudian korban langsung melihat pintu belakang rumahnya sudah dalam keadaan terbuka dan rusak. Setelah melihat pintu dalam keadaan terbuka itu, kemudian korban mengecek pasir timah miliknya dan korban melihat bahwa 140 kilo pasir timah miliknya sudah hilang," ujar Harry, Kamis (4/4).

Selain itu, korban juga kehilangan 1 unit Hp merk Vivo Y53 dan uang tunai Rp.40.000 sehingga kerugian material mencapai Rp 24.940.000. Atas kejadian tersebut, korban langsung melaporkan ke Polres Basel guna penyelidikan lebih lanjut. Dia bilang, ungkap kasus bermula pada Jum'at (15/3) diperoleh informasi bahwa pelaku ada menjual burung murai batu ke Pasar Burung Pangkalpinang.

Klik Juga : Pesawat Prabowo Dihalangi Sukhoi, Ini Kata TNI AU

"Mendapatkan informasi kami dan korban mendatangi pasar burung di Pangkalpinang. Kemudian setelah korban melihat burung yang baru dijual pelaku korban meyakini bahwa burung itu adalah miliknya yang hilang dicuri. Setelah dilakukan pendalaman, pada Senin (1/4) anggota mendapatkan informasi pelaku berada di rumahnya di Jalan Baher Toboali," paparnya.

Anggota, kata Harry Kartono langsung mendatangi rumah tersangka untuk melakukan penangkapan. Dari hasil interogasi, pelaku mengakui bahwa benar dia yang melakukan pencurian burung di Jl Teladan AMD sendirian. Pelaku dan barang bukti lalu diamankan di Mapolres Basel.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com