• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Top! Basel Raih Nilai Tertinggi Usai Monitoring KPK RI

Jumat, 29 Maret 2019 | 15:55 WIB
Bupati Basel Justiar Noer bersama Tim Koordinasi dan Supervisi Bidang Pencegahan KPK RI. Foto : Devi Dwi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) berhasil meraih nilai tertinggi kedua setelah Pemprov Babel, atas progres capaian center for prevention (MCP) sebesar 64 persen pada periode 12 Maret 2019. Dimana Pemprov Babel memperoleh progres capaian sebesar 67 persen.

Klik Juga : Prabowo Ajak Lebaran di TPS

Capaian tersebut diperoleh Pemkab Basel dari KPK RI pasca kedatangan Tim Koordinasi dan Supervisi Bidang Pencegahan (Korsupgah) pada Kamis (28/3) siang. Namun, walaupun berada pada posisi kedua, Pemkab Basel memperoleh nilai tertinggi dibandingkan kabupaten/kota lainnya di Babel.

"Tapi kapabilitas APIP masih sangat rendah dengan capaian perolehan nilai sebesar 35 persen. Peningkatan kapabilitas APIP ini juga sudah menjadi perhatian dan komitmen bupati dan sekda dengan renaksi 2019. Berupa dukungan secara bertahap terhadap kecukupan anggaran," ujar Plt Kepala ITDA Basel PD Marpaung, Jumat (29/3).

Untuk itu, kata Marbaung kecukupan jumlah fungsional pengawas akan diupayakan serta mendorong peningkatan kapabilitas APIP dan Maturitas SPIP menuju level 3. Kendati demikian, skor optimalisasi pendapatan daerah memperoleh capaian sebesar 83 persen.

"Jadi kedatangan Tim Korsupgah KPK RI ke Pemkab Basel kemarin merupakan jadwal tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi rencana aksi program pemberantasan korupsi terintegrasi di Pemkab Basel. Ada delapan area yang menjadi perhatian KPK RI," sebutnya.

Diantaranya, perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang/jasa, pelayanan terpadu satu pintu, kapabilitas APIP, manajemen ASN, tata kelola dana desa dan optimalisasi pendapat daerah. Kemudian manajemen aset daerah dengan sasaran 7 OPD salah satunya adalah ITDA. Selain peningkatan kapabilitas APIP yang merupakan bagian dari tugas dan fungsi ITDA, Maturitas SPIP Pemkab Basel juga membutuhkan proses yang tidak ringan. Selain sumber daya, komitmen dari seluruh kepala OPD merupakan aspek daya dukung yang utama terhadap capaian peningkatan Maturitas SPIP.

Klik Juga : Petani Sawit dapat Rp25 Juta per Hektare untuk Peremajaan

"Kami ucapkan terima kasih kepada Tim Korsupgah KPK RI yang telah melakukan monev atas renaksi 2018 serta membantu proses penyusunan renaksi pencegahan korupsi terintegrasi Basel tahun 2019. Kami juga ucapkan terimakasih kepada BPKP yang saat ini sedang dan akan terus melaksanakan pendampingan teknis pemenuhan kapabilitas APIP untuk pencapaian level tiga," paparnya.

Inspektorat Daerah atau ITDA, katanya turut mengucapkan terimakasih kepada bupati dan sekda yang terus memberikan perhatian dan dukungan atas peningkatan kinerja ITDA. Kepada awak media, Marbaung turut mengucapkan terimakasih yang telah banyak membantu dalam penyampaian informasi terkait dengan capaian dan peningkatan kinerja pengawasan.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com