• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Swasta Kuasai 137 Ribu Hektare Lahan Sawit di Bangka Belitung

Jumat, 29 Maret 2019 | 11:00 WIB
Ilustrasi kebun kelapa sawit
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Lahan sawit di Provinsi Bangka Belitung hingga saat ini masih banyak dikuasai swasta. Yakni sebanyak 137 ribu hektare. Sementara, perkebunan rakyat hanya sebesar 69,84 ribu hektare. Data ini diungkap Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yulizar Adnan.,M.Si. Menurut Yulizar, saat ini di Babel terdapat 19 pabrik kelapa sawit dengan kapasitas produksi sebesar 50 ton/jam.

Klik Juga : Pasar Kite Sungailiat Terlihat Lengang, Kenapa?

"Peningkatan produksi kelapa sawit diharapkan dapat menjadi andalan di subsektor perkebunan dan diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan perekonomian di Provinsi Bangka Belitung," kata Yulizar, Jumat (29/3).  

Kepala Dinas Pertanian Babel Juaidi menjelaskan, tahun 2019 akan dilakukan target peremajaan perkebunan kelapa sawit rakyat. Ini mencakup 3.348 Ha. “ Bangka Barat, Bangka Tengah dan Bangka Selatan merupakan tiga kabupaten di Bangka Belitung yang masuk dalam target peremajaan perkebunan kelapa sawit. Ketiga daerah ini sebenarnya memiliki potensi peremajaan sebesar 47.644 Ha, namun peremajaan akan dilakukan secara bertahap," jelasnya.
 
Rincian alokasi replanting pada tiga kabupaten tersebut, Bangka Barat 1.213 Ha, Bangka Selatan 1.085 Ha sedangkan Bangka Tengah 1.050 Ha.  Adapun kriteria sawit yang diremajakan adalah sawit yang sudah berusia 20-25 tahun dan lahan sawit dengan kualitas bibit yang buruk/ palsu. Syarat replanting lainnya adalah kebun sawit rakyat.

 

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : babelprov.go.id