• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Petani Sawit dapat Rp25 Juta per Hektare untuk Peremajaan

Jumat, 29 Maret 2019 | 13:37 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Pemerintah Provinsi Bangka Belitung mengajukan replanting atau peremajaan tanaman sawit. Untuk tahun 2019, target peremajaan perkebunan kelapa sawit rakyat ini mencakup 3.348 Ha. Adapun lokasi peremajaan tanaman sawit adalah Bangka Barat, Bangka Tengah dan Bangka Selatan. Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi, SP, MP menjelaskan, rincian alokasi replanting pada tiga kabupaten tersebut, Bangka Barat 1.213 Ha, Bangka Selatan 1.085 Ha sedangkan Bangka Tengah 1.050 Ha.

Klik Juga : Swasta Kuasai 137 Ribu Hektare Lahan Sawit di Bangka Belitung

Adapun kriteria sawit yang diremajakan adalah sawit yang sudah berusia 20-25 tahun dan  lahan sawit dengan  kualitas bibit yang buruk/ palsu. Syarat replanting lainnya adalah  kebun sawit rakyat. Petani akan memperoleh dana replanting sebesar Rp.25 juta/ha. “Dana Rp.25 juta dari Badan Pengelola dan Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP- KS) tersebut digunakan untuk biaya operasional mulai dari penyediaan bibit, penebangan, sampai kepada biaya penanaman kembali,” jelasnya.
 
Namun dalam mekanismenya, peremajaan tersebut harus memenuhi persyaratan dan peraturan yang telah ditetapkan, tidak semua kebun sawit warga dapat di berikan bantuan dana peremajaan tersebut. Lebih lanjut, Juaidi menyampaikan beberapa persyaratan pengusulan untuk mendapatkan dana replanting. Yakni pertama kebun kelapa sawit sudah tidak produktif dalam artian produksinya kurang dari 10 ton/ha dalam jangka waktu setahun. Kedua adalah lahan tersebut merupakan lahan milik pribadi yang dibuktikan dengan surat kepemilikan tanah.

“Proses untuk mendapatkan bantuan peremajaan, petani harus melengkapi persyaratan penerima bantuan. Seperti identitas petani, luas kebun, titik koordinat dan bukti kepemilikan lahan yang disampaikan kepada Dinas Pertanian di kabupaten,” tutupnya.

 

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : babelprov.go.id