• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bawaslu Bangka Temukan 5729 Surat Suara Rusak

Rabu, 27 Maret 2019 | 11:17 WIB
Proses pelipatan surat suara di KPU Bangka. (Foto : Ramandha/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Sungailiat - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  Kabupaten Bangka sudah menemukan 5.729 surat suara rusak, baik rusak karena sobek atau terkena noda tinta dari dimulainya proses pelipatan kertas suara pada 22 Maret hingga 25 Maret kemarin.

Klik juga : Bawaslu Bangka Gelar Rakor Perihal Iklan Parpol di Media Massa

Zulkifli, Kordiv pengawasan humas dan hubal Bawaslu Kabupaten Bangka mengatakan, total jumlah surat suara dengan kondisi baik sebanyak 434.930 surat suara. Untuk DPR RI sebanyak 209.190 surat suara, DPRD Provinsi daerah Pemilihan (Dapil) 6 sebanyak 178.362 surat suara, sedangkan DPRD Kabupaten Dapil 1 sebanyak 47.378 surat suara. ''Sampai Senin kemarin, hasil pengawasan kami, total jumlah surat suara kondisi rusak sebanyak 5.729,''jelasnya, Rabu (27/3/2019).

Lebih lanjut, dari jumlah surat suara rusak tersebut terbagi dari DPR RI sebanyak 1.380 surat suara, DPRD Provinsi Dapil 6 sebanyak 2.773 surat suara serta DPRD Kabupaten Dapil 1 sebanyak 1.576 surat suara.

Beberapa waktu yang lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, juga sudah diminta agar segera mengirimkan berita acara terkait kerusakan surat suara kepada KPU RI. ''Kita imbau KPU Bangka supaya dengan segera mungkin buat berita acara,''ucapnya.

Dengan adanya berita acara tersebut, yang memberikan keterangan atas kerusakan surat suara yang sobek kepada KPU RI, diharapkan agar nantinya ada surat suara pengganti. ''Terkait dengan lokasi gudang penyimpanan surat suara yang kami nilai rawan rembesan air hujan, sudah kami imbau dan KPU Kabupaten Bangka telah menindaklanjuti imbauan itu dan menutup surat suara dengan terpal,''pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com