• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Sosialisasi Pengendalian TBC Digelar Pemkab Bangka

Senin, 25 Maret 2019 | 15:24 WIB
Suasana kegiatan advokasi dan pengendalian penyakit TBC di Sungailiat, kabupaten Bangka. (Foto : Ramandha/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Sungailiat - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka menggelar kegiatan advokasi dan sosialisasi pengendalian penyakit TBC/TB (Tuberculosis) dalam rangka peringatan Hari TBC Sedunia (HTBS) yang jatuh pada tanggal 24 Maret, kemarin.

Staf Ahli Bupati Bangka bidang Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bangka, Dawami mengucapkan apresiasinya atas kesediaan para peserta yang telah hadir di kesempatan ini. 

''Hal ini membuktikan komitmen untuk mensukseskan program pengendalian penyakit TBC di daerah masing-masing,''jelasnya, Senin (25/03/2019) di ruang pertemuan Setda Kabupaten Bangka.

Angka penemuan kasus tuberkulosis (CDR/case detection rate) di Kabupaten Bangka ini, dikatakannya, pada tahun 2018 masih rendah yaitu 519 kasus atau 49% dan berdasarkan estimasi penderita penyakit TBC di Kabupaten Bangka pada tahun 2018 terdapat sekitar 1.096 kasus. ''Masih 51% kasus penyakit tuberkulosis yang belum kita temukan dan obati di sini,''ucapnya

Perihal penyakit tuberkulosis sendiri, saat ini sudah mulai bermunculan kasus TBC yang kebal obat atau (TB-MDR/multidrug resistant) dan sudah ditemukannya kasus TB-DM/diabetes militus) yang memerlukan penanganan secara khusus.

Dilakukan juga penandatangan komitmen kerjasama dalam pengendalian penyakit TBC di Kabupaten Bangka tahun 2019. ''Ini tugas kita semua. Untuk ditahun 2019 ini mencari 51% masyarakat kita yang menderita penyakit tuberkulosis yang belum ditemukan. Kita temukan, dan kita obati,''pungkas Dawami.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com