• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ini Dia Harga Cabai Akhir Pekan Ini di Pasar Kite

Sabtu, 23 Maret 2019 | 10:49 WIB
Lapak Abdul di Pasar Kite Sungailiat. (Foto : Ramandha/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Sungailiat - Harga cabai kecil (rawit) di Pasar Kite Sungailiat, Kabupaten Bangka, menjelang akhir pekan ini kembali bergejolak. Saat ini harga cabai rawit pedas, berada dikisaran Rp. 50.000,- per kilogram (per kg) untuk cabai luar dan Rp. 70.000,- per kg untuk cabai lokal. 

Hal tersebut disampaikan oleh Abdul, salah satu pedagang bumbu dapur di Pasar Kite Sungailiat. Menurutnya, harga tersebut mengalami kenaikan untuk cabai rawit luar yang sebelumnya seharga Rp. 46.000,- per kg. ''Itu baru kemarin harganya 46 ribu. Baru naik hari ini,''jelasnya, Sabtu (23/3/2019).

Ia melanjutkan, untuk cabai keriting (besar) sendiri, berkisar diharga Rp 24.000,- per kg yang sebelumnya tetap berada dikisaran harga yang sama. ''Harga cabai besar itu sudah lama tidak ada kenaikan. Tetap-tetap saja seperti itu,''ucapnya.

Ia melanjutkan, kenaikan harga untuk cabai rawit saat ini, dikarenakan mulai usainya masa panen untuk daerah Jawa dan sekitarnya, yang memungkinkan ketersediaan stok mulai menipis. ''Daerah Jawa sana sudah mulai selesai panen. Perkiraan kami pedagang di sini karena itu. Kalau cabai lokal, tetap saja segitu harganya,''tutur Abdul.

Meskipun hanya terbilang naik beberapa ribu Rupiah, para pedagang masih menganggap harga cabai tersebut tinggi, karena harga ini juga berpengaruh pada hasil penjualan mereka. ''Kenaikan ini sedikit banyak berdampak pada penjualan yang belakangan mulai sepi pembeli,''lanjutnya.

Selain itu, menurutnya, naik turunnya harga cabai juga disebabkan kuantitas cabai dari pemasok. Hingga saat ini mereka juga merasakan kekurangan pasokan dari para distributor. Lebih lanjut, mereka juga beralasan tidak dapat menurunkan harga seperti sebelum terjadinya gejolak harga saat ini, karena juga harus memikirkan modal. ''Mudah-mudahan stok banyak, jadi harga dapat turun. Kita juga gak bisa berbuat banyak, kalau stok sedikit,''pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com