• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Rupiah Pagi Ini Butuh 'Obat Kuat'

Jumat, 22 Maret 2019 | 10:39 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah di kurs tengah Bank Indonesia (BI). Kinerja rupiah di pasar spot sama saja, tidak bisa berbuat banyak di hadapan dolar AS. Pada Jumat (22/3/2019), kurs tengah BI atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor berada di Rp 14.157. Rupiah melemah 0,39% dibandingkan posisi sehari sebelummya.

Sedangkan di pasar spot, rupiah juga melemah di hadapan greenback. Pukul 10:00 WIB, US$ 1 dibanderol Rp 14.160. Rupiah melemah 0,18% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya. Seiring perjalanan pasar, depresiasi rupiah agak menipis. Pada pukul 10:10 WIB, US$ 1 setara dengan Rp 14.155 di mana rupiah melemah 0,14%.

Pelemahan rupiah hari ini sebenarnya termaklumkan. Sebab, mata uang Tanah Air sudah menguat selama 5 hari beruntun. Tanpa sentimen positif baik dari dalam maupun luar negeri, yang ada rupiah tertekan karena aksi ambil untung (profit taking).  Tidak hanya rupiah, sebagian besar mata uang utama Asia pun sulit menghadapi dolar AS. Selain rupiah, mata uang yang melemah adalah yuan China, rupee India, won Korea Selaran, dolar Singapura, dan dolar Taiwan. Won menjadi mata uang terlemah di Asia, dan rupiah menjadi runner-up dari bawah

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : CNBC