• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Selain Hemat 10 Persen Belanja Pegawai, Ini Pertimbangan Pemkab Basel Terapkan 5 Hari Kerja

Senin, 18 Maret 2019 | 09:05 WIB
Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Basel Agus Pratomo. Foto : Devi Dwi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Pengeluaran belanja pegawai, barang dan jasa serta operasional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) berhasil ditekan saat ini pasca diterapkannya perubahan hari kerja dari 6 hari menjadi 5 hari kerja.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Basel Agus Pratomo menuturkan, pemerintah telah berhemat sekitar 10 persen dari pengeluaran dari total belanja pegawai, barang dan jasa setelah diterapkannya kebijakan 5 hari kerja pada saat ini. "Tentunya kalau dari belanja pegawai, barang dan jasa itu pasti ada (efisiensi, red) , kalau hari Sabtu dan segala macam ada surat tugas itu gak bisa dibayarkan. Selama ini kan hari Sabtu masih bisa. Nah, itu salah satunya," ujarnya, Senin (18/3).

"Belanja barang dan jasa listrik, makan minum harian kan semuanya bisa berkurang. Ya mungkin biaya BBM dan segala macam itu akan arahnya ke efisiensi. Namun, efisiensi ini kita belum sampai pada hitungan sih," imbuhnya.

Yang paling utama, kebijakan 5 hari kerja diberlakukan guna memberikan waktu yang cukup bagi seluruh pegawai. Dengan waktu istirahat yang cukup, kata dia tentunya diharapkan dapat memberikan dampak maksimal kepada para pegawai dalam bekerja.

"Intinya kebijakan ini diterapkan ialah meningkatkan pelayanan. Kasihan juga masyarakat yang di pulau itu, 1 hari pelayanan kadang tidak selesai dengan jarak tempuh yang jauh. Kalau mereka sudah datang jam satu siang, otomatis pelayanan di dinas tidak maksimal lagi," ujarnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com