• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


KPU Diubek-ubek Hacker Dalam dan Luar Negeri

Kamis, 14 Maret 2019 | 08:44 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman mengatakan, para hacker datang silih berganti secara terus menerus menyerang sistem yang dimiliki KPU.

Meski KPU telah mengantongi IP address para hacker, namun Arief tak yakin alamat itu sesuai dengan keberadaan pelaku.

Arief juga enggan mengatakan secara gamblang bahwa hacker asal China dan Rusia juga berperan menyerang situs resmi KPU.

"Kalau nyerang ke web kita memang ada terus dan itu bisa datang dari mana-mana. Kalau dilihat IP address-nya itu datang dari dalam negeri, dan dari luar negeri. Saya pikir tidak perlu lah disebut nama negaranya yah. Kecuali, kita sudah nangkep baru boleh disebut. Tapi, nggak usah disebut lah darimana negaranya," kata Arief, Rabu (13/3/2019).

Arief menegaskan, pihaknya tidak ingin sembrono menuduh seseorang atau institusi sebagai hacker yang kerap menyerang sistem KPU.

"IP address-nya ada yang domestik, ada yang dari internasional tapi siapa di balik IP itu, maksudnya orangnya bisa dari mana saja. IP-nya internasional tapi bisa saja orangnya domestik, IP domestik bisa saja IP-nya dari negara lain. Bisa siapa pun, bisa domestik semua, bisa campuran domestik dan internasional," tutur Arief.

Arief berujar, serangan-serangan hacker sudah diterima KPU mulai dari Pemilu sebelumnya tahun 2014.

"Yang jelas KPU menjaga supaya sistem kita aman. Kalau orang kan mau nyerang pasti datang terus tapi kita berupaya membentengi menjaga supaya kita aman. Sampai sekarang web kita ya meskipun kadang-kadang ada yang serang stop dulu sebentar tapi semua masih bisa digunakan," kata Arief.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com