• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Jokowi ke Bangka, Petani Berharap Harga Lada dan Karet Bisa Naik

Presiden Joko Widodo menyadap karet. Foto ; ist
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Untuk kali kedua, Presiden RI Joko Widodo berkunjung ke Bangka Belitung. Dalam jadwalnya, hari ini (14/3) Jokowi bakal meresmikan Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

Selain itu, Jokowi juga akan meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang.

Dibalik kedatangan Jokowi ke Babel, salah satu petani asal Keceper, Sungailiat, Bangka Taufik berharap, kehadiran Jokowi bisa membangkitkan kembali harga lada dan karet yang saat ini terus merosot. "Lada Rp48 ribu. Kalau karet Rp 5.500 per kilo," kata Taufik.

Menurut dia, harga tersebut tidak sebanding dengan biaya perawatan yang selama ini dilakukan. Mulai dari biaya pupuk sampai kepada junjung lada. "Lada Babel sudah dak pernah lagi jaya. Beda dengan dulu," tambahnya.

Ia berharap, dengan kehadiran Jokowi ke Babel bisa menaikkan harga komoditas andalan Babel tersebut. "Ya harapannya gitu lah. Harga naik, biar kami petani senang," ucapnya.

Ditanya soal penyebab turunnya harga, Taufik mengaku tidak tahu banyak. "Yang jelas lada kita kan pernah sampai ratusan ribu. Sekarang tinggal Rp48 ribu," tutupnya.



 

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com