• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Di Jawa Rp100 Ribu, Harga Kencur di Kabupaten Bangka Malah Tak Meluncur

Philip, salah satu pedagang di Pasar Higienis Air Ruay. Foto : Rama/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Naiknya harga kencur disejumlah daerah, khususnya Pulau Jawa, ternyata belum berdampak bagi harga kencur yang ada di Kabupaten Bangka. Hal tersebut berdasarkan pantauan klikbabel.com, Rabu (13/3/2019) di Pasar Higienis, Kecamatan Pemali. Philip, pedagang sayuran di Pasar Higienis mengatakan, hingga saat ini harga kencur yang dijualnya tidak ada perubahan, sejak dua hari kemarin. ''Kita jual 40 ribu per kilogram (per kg). Tidak naik kalau dari kemarin,''jelasnya.

Klik Juga : Bangka Induk Kebagian 1.000 Sertifikat dari Jokowi

Kabar naiknya harga kencur yang meluncur tinggi hingga hampir menyamai harga daging itu pun membuat Philip sempat terkejut, karena bumbu dapur jenis rimpang ini di Bangka sendiri, tidak pernah mengalami lonjakan harga yang sangat tinggi. ''Kalau kita di sini gak mungkin segitu bang. Mungkin di sana kebutuhan tinggi, barang tidak ada,''ucapnya.

Ditanyai tentang kemungkinan akan adanya kenaikan atau tidak, Philip tidak dapat memastikannya. Namun, belum lama ini, dikatakannya, stok kencur di daerah cukup melimpah, sehingga kemungkinan kecil harga kencur akan melonjak. ''Mungkin kenapa tidak naik, karena kencur kita kan banyak dari lokal, tidak ada yang dari luar daerah. Menurut saya tetap seginilah nanti,'' pungkasnya.

Sementara itu, menurut informasi yang beredar sebelumnya, saat ini, harga kencur di luar daerah, seperti di Pulau Jawa mencapai Rp 100 ribu per kg, dari sebelumnya memang berada dikisaran Rp40 ribu per kg. Penyebab melambungnya harga kencur di luar daerah sendiri, diketahui karena semakin maraknya ekonomi kreatif berupa sajian kuliner seblak.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com