• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemilik Kayu Sengon 90 Kubik Tersangka

Polres Bangka Barat saat konferensi pers
Loading...

Klikbabel.com, Muntok - Tiga unit truk fuso merk mitsubishi yang diamankan oleh Tim Mapolres Bangka Barat pada Sabtu (09/10/2019) lalu yang diduga berisi BBM jenis Solar ternyata hanyalah bermuatan kayu jenis sengon sebanyak 90 kubik.

Wakapolres Bangka Barat, Kompol Joko Triyono saat konferensi pers, Selasa (12/3) menjelaskan, tiga unit truk fuso ini ditangkap saat akan menuju ke Pelabuhan Tanjung Kalian. Kayu sengon yang berasal dari Desa Pelangas, Kecamatan Simpang Teritip ini rencananya akan dibawa
ke Kota Magelang, Jawa Tengah.

"Kami bersama Pak Kapolres sedang melalukan patroli sepeda menemukan tiga unit truk fuso dengan muatan yang sangat berat yang kita duga akan menuju ke Pelabuhan. Kemudian di Pelabuhan ada Tim K2YD yang sudah beberapa minggu sudah melakukan kegiatan untuk mengantisipasi barang - barang ilegal yang masuk dari Palembang," Jelasnya.

"Setelah sampai di Pelabuhan, Tim melakukan pengecekan terhadap tiga truk tersebut. Setelah dibuka truk tersebut ada muatan kayu sengon yang berjumlah masing - masing truk sekitar 30 kubik jadi jumlahnya sekitar 90 kubik. Sekarang kita amankan di Makopolres Bangka Barat yang selanjutnya akan kita lakukan penyelidikan lebih lanjut," lanjutnya.

Dari hasil pemeriksaan, Tim Mapolres Bangka Barat telah menetapkan satu orang tersangka yaitu Sikin alias Mandung sebagai pemilik kayu, sedangkan satu orang lainnya juga sedang dalam proses penyelidikan.

Sesuai dengan pasal pasal 87 ayat (1) huruf a UU nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan Jo Pasal 55 KUHPidana Menerima, membeli, menjual, menerima tukar, menerima titipan, dan/atau memiliki hasil hutan yang diketahui berasal dari pembalakan liar, dikenai hukuman satu sampai lima tahun kurungan.

"Dari hasil pemeriksaan tidak ada perizinan makanya sudah kita tetapkan tersangka dan satu orang lagi masih dilakukan pemeriksaan dan kemungkinan akan dijadikan tersangka juga," pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com