• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Target PAD Tercapai, BBI Masih Minim Prasarana

Senin, 11 Maret 2019 | 13:45 WIB
Tempat penampungan benih ikan di BBI Sungailiat. (Foto : Ramandha/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Sungailiat - Hasil maksimal dalam pencapaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) diraih UPT Balai Benih Ikan (BBI) Sungailiat. Kepala UPT BBI Sungailiat, Sujono mengatakan, jumlah PAD yang diraih pihaknya tersebut sebesar Rp79.404.500 dari target sebelumnya Rp77.9400.500. 

Klik juga : Jokowi: Siapa Bilang Saya Gaji Pengangguran?

Pencapaian itu dapat dipenuhi, walaupun sebenarnya bisa lebih maksimal bila didukung sarana dan prasarana yang lebih memadai. Ia melanjutkan, dalam memenuhi target, pihaknya diuntungkan dengan kondisi BBIS Pemali milik Pemprov Babel yang tutup. ''Walau tak sekedar faktor itu, pemenuhan PAD yang over pun karena konsentrasi kami pada bibit-bibit ikan tertentu,''jelasnya, Senin (11/3/2019).

Jono menyampaikan, bibit ikan yang menjadi penyumbang terbesar PAD kemarin, seperti bibit nila, patin, gurami, lele, baung dan mas kolam. Selain itu, pada bulan Januari sendiri, BBI sudah dapat menghasilkan Rp18 juta dengan target PAD Rp80 juta untuk tahun ini.

Menurutnya, selama ini bantuan pengembangan kepada BBI, hanya bergantung pada Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat, sehingga untuk membangun gudang penyimpanan pakan pun, masih tertunda. "Planning saya 2 tahun ini, sebenarnya 90 hingga 100 juta targetnya. Tapi dilihat kondisi saat ini, seperti gudang pakan kita saja, kayak gitu, campur alat mesin, mesin-mesin robin, yang tidak seharusnya,''ungkapnya. 

Hal tersebut pun, sudah berkali-kali diusulkan namun belum terealisasi. Dirinya pun berharap kedepannya dapat terealisasi sehingga dapat menghasilkan PAD yang maksimal. 

Disisi lain, dengan permintaan bibit yang banyak saat ini, sangat menjanjikan peluang penghasilan, apabila bisa melakukan perubahan-perubahan sarana pendukung. "Kita sangat perlu perbarui induknya. Karena induk kita sudah 2 tahun. Karena anggaran kita terbatas, dan indukan itu dari luar, kondisinya sangat terbatas anggaran,''tutupnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com