• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Setelah 5 Hari Kerja ASN, Basel Akan Terapkan Full Day School

Senin, 11 Maret 2019 | 12:14 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) berencana akan menerapkan sistem full day school bagi sekolah yang ada di daerah ini kedepannya. Kebijakan ini akan diambil menyusul telah diberlakukannya sistem 5 hari kerja bagi ASN Pemda Basel. "Rencananya akan kita terapkan pada tahun ajaran baru nanti. Secara bertahap mungkin di sekolah yang ada di perkotaan dulu, ini bukan ikut-ikutan tapi untuk lebih mengektivitaskan pola pendidikan kita. Sistem belajar mengajar di sekolah," tutur Kepala Disdikbud Basel Edy Supriadi, Senin (11/3).

Klik Juga : Diputusin, Pacar Pasang Baliho Sensasional

Hanya saja, kata Edy kebijakan tersebut akan dikaji terlebih dahulu secara mendalam seperti kurikulum, formulasi, tingkat kejenuhan, sarana dan prasarana, psikologis siswa, kesiapan guru dan sosial masyarakat sehingga para siswa dan guru enjoy dan tidak menimbulkan keresahan di masyarakat. Edo, sapaan akrabnya bilang tidak ada tantangan soal penerapan kebijakan ini dari 6 hari menjadi 5 hari dari hari Senin-Jum'at dengan jam belajar satu hari penuh. Makanya, beberapa aspek yang telah disebutkan tadi memang akan dikaji lagi agar full day school dapat berjalan optimal.

"Positifnya, dua aspek pendidikan bagi siswa yakni pengetahuan umum dan pendidikan karakter terpenuhi. Waktu libur dan beristirahat bertambah, Sabtu dan Minggu jadi bisa lebih intens dengan keluarga. Setelah pembelajaran formal sampai dengan setengah hari, selanjutnya dapat diisi dengan kegiatan ekstrakurikuler yang diharapkan dapat membentuk karakter, kepribadian, serta mengembangkan potensi siswa," terangnya.

Negatifnya, imbuh Edy akan menimbulkan tingkat kejenuhan bagi siswa-siswi. Maka dari itu, kemungkinan akan dilakukan secara bertahap dengan mencoba pada sekolah tingkat SMP terlebih dahulu di Kota Toboali.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com